top ear
Menu sarapan praktis (ilustrasi/Freepik)
  • SOLOPOS.COM
    Menu sarapan praktis (ilustrasi/Freepik)

Ide Menu Sarapan yang Gak Pake Ribet

Mengonsumsi makanan di pagi hari atau sarapan bisa memberikan energi dan nutrisi bagi tubuh untuk menjalani aktivitas seharian tanpa mudah merasa lapar maupun lemas.
Diterbitkan Rabu, 3/03/2021 - 14:17 WIB
oleh Solopos.com/BC
3 menit baca

Solopos.com, SOLO--Sarapan adalah salah satu waktu makan yang sering dilupakan atau dilewatkan karena berbagai alasan seperti terburu-buru, takut merasa mual di pagi hari, lebih praktis jika digabungkan dengan makan siang atau bahkan karena tidak terbiasa.

Padahal, sarapan adalah kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan. Mengonsumsi makanan di pagi hari bisa memberikan energi dan nutrisi bagi tubuh untuk menjalani aktivitas seharian tanpa mudah merasa lapar maupun lemas.

Lebih dari itu, sarapan bisa menjauhkan seseorang dari berbagai penyakit, seperti maag, penyakit jantung, dan diabetes. Untuk memberikan solusi sarapan anti ribet, berikut beberapa ide menu sarapan yang cepat dan mudah dibuat untuk menghemat waktu di pagi hari:

Baca Juga: Harga Cabai Rawit Merah Di Solo Tembus Rp120.000/Kg, Penjual Ayam Geprek Pusing

Omelet

Menu sarapan yang terbuat dari telur ini kaya akan serat dan protein baik untuk tubuh. Menu ini pun bisa divariasikan dengan menambahkan sosis, sayuran yang dipotong-potong maupun keju.

Cara memasaknya pun mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Cukup panaskan mentega di atas wajan, pecahkan telur ke mangkuk, masukkan bumbu dapur seperti garam dan merica bubuk, serta bahan tambahan seperti sosis, keju, atau sayuran, kemudian dikocok hingga rata dan tuangkan ke wajan yang telah dipanaskan.

Tunggu hingga telurnya matang dan gulung omelet. Jangan lupa untuk membalik omelet agar seluruh sisi omeletnya matang. Dan menu sarapan omelet pun siap disantap untuk menemani hari-harimu!

Baca Juga:Banyak Pejabat Abai Gunakan Produk Lokal, Padahal Sudah Ada Aturannya

Sandwich

Menu sarapan ala barat ini memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi. Cara membuat sandwich pun tidak memerlukan bahan-bahan yang sulit. Cukup siapkan roti tawar kupas, telur yang dibuat sesuai selera, keju lembaran, saus tomat, dan mayonaise. Jika ingin menambahkan sayuran, kamu bisa menambahkan timun dan tomat yang diiris tipis-tipis, serta daun selada. Makan sayuran jadi lebih nikmat dengan menu sandwich!

Martabak Mie

Siapa yang tidak suka dengan mie? Menu sarapan keempat ini berbahan dasar mie dengan cara memasak yang berbeda. Martabak mie merupakan makanan kombinasi antara mie dan telur yang sangat bernutrisi dan menyehatkan karena tinggi kolin dan protein.

Cara memasaknya, siapkan mie, telur, daun bawang yang telah diiris, lada dan garam. Sembari menyiapkan bahan-bahan tersebut, didihkan air untuk merebus mienya. Sambil menunggu mie menjadi kenyal, siapkan wajan dan tuang sedikit minyak kemudian tunggu hingga panas. Lalu kocok telur dan daun bawang, lada, dan garam menjadi satu. Tuang kocokkan telur ke dalam wajan, dan mie yang telah menjadi kenyal. Masak hingga matang dan martabak mie pun siap disantap sebagai sarapan.

Baca Juga: Penuh Sejarah, Livery Lokomotif Tahun 1953-1991 Kembali Dihadirkan KAI

Oatmeal

Salah satu yang mudah dan cepat untuk dibuat adalah oatmeal karena kamu hanya perlu menyeduhnya dengan air panas. Oatmeal pun cocok dijadikan sebagai makanan bagi yang sedang diet karena memiliki kandungan serat yang alami.

Selain itu, mengonsumsi oatmeal bisa memberikan pasokan mineral dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Tambahkan buah-buah segar dan madu untuk menambah rasa nikmat pada oatmeal. Kamu juga bisa mengeksplor menu-menu olahan oatmeal di internet yang bisa kamu jadikan inspirasi sarapan.

Baca Juga: Terobosan Untuk Keberlanjutan Perikanan Budidaya, KKP Lakukan Ini

Sereal

Menu sarapan sederhana satu ini hanya memerlukan sereal favorit dan susu segar. Beragam pilihan sereal bisa ditemukan di minimarket maupun secara online. Kamu hanya perlu menuangkan sereal dan susu ke mangkuk. Kamu bisa memilih susu sesuai dengan seleramu seperti susu putih, coklat, low fat, dan beragam pilihan susu lainnya. Menu sarapan yang praktis dan cepat ini bisa menjadi solusi sarapan sehat dan bergizi.

Kelima menu sarapan di atas bisa diolah sesuai keinginan dan selera masing-masing. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan bahan-bahan masakan menu-menu tersebut di minimarket maupun supermarket terdekat seperti Alfamart, Alfamidi, Superindo, Hypermart, dan Prima Freshmart.

Bagi kamu yang lebih suka belanja online, kamu bisa manfaatkan aplikasi online yang menyediakan layanan serupa seperti TaniHub dan Shopee Mart. Jangan lupa gunakan juga ShopeePay sebagai metode pembayaranmu saat berbelanja baik offline maupun online agar mendapatkan cashback 30%. Biasakan sarapan demi menjaga kesehatanmu!


Editor : Profile Anik Sulistyawati
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya