Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Ide Lomba 17 Agustus untuk Anak-Anak, Dijamin Seru!

Berikut ini sejumlah ide lomba 17 Agustus untuk anak-anak dengan biaya murah meriah.
SHARE
Ide Lomba 17 Agustus untuk Anak-Anak, Dijamin Seru!
SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak-anak ikut lomba balap karung. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah ide lomba untuk memperingati 17 Agustus untuk anak-anak.  Kegiatan ini bisa diadakan di kampung atau di sekolahan.

Biasanya kegiatan ini diadakan untuk turut memeriahkan Hari Kemerdekaan. Dengan peserta yang banyak, banyak sekali sebenarnya inspirasi perlombaan yang murah meriah namun tetap seru dan mudah dipersiapkan.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Melibatkan kanak-kanak dalam kemeriahan acara perayaan Hari Kemerdekaan RI tentu lebih baik. Pasalnya sejumlah perlombaan ini juga mengajarkan banyak hal positif bagi generasi muda penerus bangsa ini.

Baca Juga: 77 Penjahit di Banyuwangi Produksi 17.822 Bendera Merah Putih Massal

Berikut ini sejumlah ide lomba 17 Agustus untuk anak-anak seperti dikutip dari lottemart.co.id pada Senin (8/8/2022):

1. Lomba Makan Kerupuk

Perlombaan di 17 Agustus kurang meriah rasanya tanpa lomba makan kerupuk. Meski hemat biaya, perlombaan yang satu ini tetap bisa memeriahkan suasana. Apalagi jika setiap peserta memiliki pendukungnya masing-masing, maka lomba ini bisa jadi merih dan berkesan.

Bahan yang dibutuhkan:

– Kerupuk

– Tali rafia

Baca Juga: Teks Proklamasi: Isi, Sejarah Singkat & Perbedaan Naskah Klad-Otentik

Teknis perlombaan makan kerupuk:

Pertama-tama, Anda bisa mengikat kerupuk dengan tali rafia. Kemudian gantungkan tali rafia yang sudah terdapat kerupuk di ujungnya.
Minta 2 anak atau lebih untuk mengikat tangannya menggunakan tali rafia.  Jika semua sudah siap, Anda tinggal meminta peserta untuk cepat-cepat memakan kerupuk hingga habis.

Permainan makan kerupuk bisa dimodifikasikan dengan banyak variasi, misalnya menutup mata peserta, memberi kerupuk dengan kecap atau sebelum bertanding peserta diputar badannya terlebih dahulu.

2. Lomba Memasukkan Paku Ke Dalam Sebuah Botol

Permainan kedua yang bisa dilombakan dalam momen 17 Agustus adalah memasukkan paku ke dalam botol. Lomba yang satu ini sangat menghemat biaya dan tentunya mudah untuk Anda siapkan baik di lingkungan rumah maupun sekolah. Bahan-bahannya juga bisa menggunakan yang bekas.

Baca Juga: Jelang Hari Kemerdekaan, Permintaan Bambu di Klaten Terus Naik

Bahan yang dibutuhkan:

– Paku (bisa diganti dengan pulpen)
– Botol kaca
– Tali rafia

Teknis perlombaan memasukkan paku ke dalam botol

Siapkan botol kaca, Anda bisa menggunakan botol kaca bekas sirup, kecap dan lain sebagainya. Usahakan ukuran botol mirip satu sama lain.
Ikat paku atau bolpen menggunakan tali rafia. Pastikan kencang supaya tidak lepas saat permainan dimulai.
Buat tali rafia supaya satu bagian bisa diikat ke pinggang dan bagian lainnya menggantung seperti ekor. Anda mungkin membutuhkan 2 hingga lebih peserta, ikatkan raffia ke pinggang mereka. Perlombaan dimulai, semua peserta diminta memasukkan paku kedalam botol. Siapa yang berhasil dan cepat merupakan pemenangnya.

3. Lomba Balap Karung

Selain makan kerupuk dan memasukkan paku kedalam botol, ide lomba 17 Agustus untuk anak-anak berikutnya adalah balap karung.  Permainan yang satu ini begitu meriah dan juga hemat biaya. Persiapannya pun mudah, jadi tidak perlu repot-repot menyiapkan banyak bahan. Bahkan bahannya pun bisa ditemukan di rumah.

Bahan yang dibutuhkan:

– Karung
– Peluit

Teknis lomba balap karung:

Sebelumnya, Anda bisa mempersiapkan terlebih dahulu arena pertandingan. Anda bisa membuat garis lurus sepanjang 200 hingga 300 meter.
Jika arena sudah siap, maka selanjutnya adalah mempersiapkan karung. Peserta yang hendak mengikuti lomba diminta untuk masuk ke dalam karung. Peluit dibunyikan, peserta meloncat semaksimal mungkin untuk menyentuh garis finish. Yang tercepat adalah pemenangnya.

Baca Juga: Loa Living Solo Baru Gelar Promo Hari Kemerdekaan, Murah Gak Masuk Akal

4. Lomba Estafet Kelereng dengan Sendok

Tak kalah seru dari perlombaan sebelumnya, estafet kelereng dengan sendok juga bisa jadi pilihan untuk merayakan momen 17 Agustus. Perlombaan satu ini bisa menambah kekompakan antar tim dan juga hemat biaya.

Bahan yang dibutuhkan:

– Sendok
– Kelereng

Teknis lomba estafet kelereng dengan sendok:

Buat dua kelompok atau lebih, masing-masing bisa berisi 5- 10 orang. Beri masing- masing anak sendok, kemudian minta mereka untuk menggigit ujung sendok dengan giginya. Pada peserta paling ujung, beri pada sendoknya kelereng. Biarkan setiap kelompok main estafet kelereng hingga ujung yang lain. Kelompok yang paling cepat memindahkan kelereng ke orang paling ujung menjadi pemenang perlombaan.

5. Lomba Mencabut Koin dari Buah

Ide lomba 17 Agustus berikutnya untuk anak-anak adalah mencabut koin dari buah. Kali ini inspirasi perlombaan yang murah meriah namun tetap seru adalah mencabut koin dari buah. Pasti sangat menyenangkan melihat peserta berusaha mengumpulkan koin sebanyak mungkin untuk memenangkan perlombaan.

Bahan yang dibutuhkan:

– Satu buah semangka (pilih ukuran besar)
– Koin
– Coklat
– Tali rafia

Teknis perlombaan mencabut koin dari buah:

Tancapkan koin dengan acak pada buah yang sudah disiapkan. Jika semua koin sudah tertancap lumuri buah dengan coklat. Perlombaan dimulai, peserta bisa mulai mengambil koin yang tertancap di buah dengan mulut. Tidak lupa sebelumnya mengikat tangan ke belakang.
Peserta yang bisa mengumpulkan koin terbanyak bisa menjadi pemenang.

Baca Juga: Deretan Artis yang Lahir 17 Agustus, Bertepatan Hari Kemerdekaan RI

6. Lomba Tarik Tambang

Ide lomba lainnya untuk anak-anak yang bisa meramaikan momen 17 Agustus adalah tarik tambang. Permainan yang satu ini juga bisa menambah kekompakan antar teman, saling percaya dan menajamkan strategi.

Bahan yang dibutuhkan:

– Tali tambang

Teknik lomba tarik tambang:

Bagi peserta menjadi dua kelompok besar. Minta peserta memegang tali tambang dengan arah yang berlawanan antara satu kelompok dengan kelompok yang lainnya. Beri penanda pada tanah untuk batas sampai mana kelompok harus menarik. Biarkan kedua kelompok saling tarik menarik hingga terdapat kelompok yang tidak kuat dan menyerah.

7. Lomba Estafet Karet dengan Sedotan

Inspirasi terakhir kegiatan untuk memeriahkan 17 Agustus adalah perlombaan estafet karet dengan sedotan. Menjadi inspirasi yang bisa diterapkan jika hendak mengadakan perlombaan di sekolah atau pun untuk anak-anak di lingkungan rumah Anda. Bahannya murah dan mudah ditemukan.

Bahan yang dibutuhkan:

– Karet
– Sedotan

Teknik lomba estafet karet dengan sedotan:

Bagi peserta menjadi dua kelompok.  Kemudian beri masing-masing dari mereka sedotan yang bisa digigit. Berikan satu karet kepada peserta paling ujung, dan minta setiap kelompok untuk menyalurkannya ke teman sekelompok hingga ujung.

Kelompok yang menang adalah yang paling cepat membuat karet berada di peserta paling ujung, jika karet jatuh harus ulang lagi dari peserta paling depan.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode