SOLOPOS.COM - ilustrasi (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Gaji pas-pasan bukan halangan untuk merintis bisnis sampingan yang bisa menjadi pegangan di masa tua. Meskipun terlihat sulit untuk membangun usaha ketika gaji yang diperoleh cukup terbatas, tapi ternyata ada banyak celah yang bisa ditembus untuk mengakalinya.

Bagi Anda yang memiliki gaji cupet sebatas upah minimum regional (UMR) tapi tetap ingin menjalankan bisnis, sebenarnya bisa memanfaatkan bisnis yang tidak perlu modal. Agar Anda dapat menjalankan karier dan bisnis secara bersamaan tanpa terganggu, Anda perlu mencari bisnis yang dapat Anda jalankan dari rumah, ataupun tidak perlu keluar dari pekerjaan sebelumnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut beberapa jenis bisnis yang dapat menjadi opsi bagi Anda yang berpenghasilan pas-pasan seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Ambil peran sebagai reseller atau dropshipper

Anda tidak perlu membutuhkan modal besar dan dapat menjalankan bisnis ini dari rumah. Anda dapat menjadi reseller barang, makanan, ataupun hal lainnya. Anda juga dapat mengontrol toko online Anda melalui e-commerce walaupun sambil bekerja. Anda juga bisa mencoba opsi dropship mengingat tidak membutuhkan modal. Anda bisa saja mengalihkan modal untuk iklan hingga barang Anda laku terjual.

Baca juga: Pengin Tajir Seperti Jeff Bezos? Simak 5 Tips Bisnis & Investasi Ini

2. Manfaatkan keahlian Anda

Dengan memulai bisnis dengan menggunakan keahlian, maka Anda tidak memerlukan modal untuk memulainya. Selain Anda lebih percaya diri dalam menjalankannya, Anda juga dapat membantu orang lain untuk memenuhi kebutuhannya.

3. Menjadi agen asuransi

Jika Anda memiliki keahlian dalam berkomunikasi ataupun dapat meyakinkan orang, Anda akan mendapatkan bonus dan komisi dengan menjadi agen asuransi. Anda hanya perlu mencari nasabah dalam bisnis ini.

4. Menjadi broker properti

Broker properti juga dapat menjadi pilihan, terutama jika Anda menyukai atau menguasai di bidang ini. Anda akan mendapatkan keuntungan melalui penjualan rumah, dan nominalnya pun lumayan.

Baca juga: Tips Kembangkan Usaha Jadi Bisnis Waralaba

5. Terjun di media sosial

Anda dapat mencoba untuk menjadi blogger, youtuber, ataupun memanfaatkan berbagai media sosial yang ramai di masyarakat. Anda dapat memulai konten yang Anda sukai dan menjaring audience cukup banyak. Dengan ini, Anda dapat mempromosikan jualan Anda ataupun mendapat sponsor dari berbagai merek atau pihak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya