SOLOPOS.COM - Ferry Irawan. (Instagram/@ferryirawanofficial)

Solopos.com, SOLO–Aktor Ferry Irawan tengah menderita penyakit langka, yaitu distonia. Bahkan karena sakit yang diidapnya itu, si pemeran The Police ini sempat berpikiran untuk bunuh diri karena dia tidak ingin merepotkan orang lain.

Ferry Irawan menceritakan tentang penyakit langka bernama distonia yang diidapnya itu di channel Youtube Melaney Ricardo berjudul Ferry Irawan Pecah Pembuluh Darah Nyaris Lumpuh Gue Akui Dulu Gue Sombong yang diunggah pada Selasa (7/9/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Melaney Ricardo membuka acara dengan menanyakan kepada Ferry Irawan tentang penyakit langka yang diidapnya itu. Ferry mengaku kali pertama mengidap penyakit tersebut pada 1999.

“Distonia adalah salah satu penyakit langka yg menyerang syaraf motorik otak kecil. Jadi kalo dia sudah kambuh menyebabkan orang tersebut seperti penderita parkinson, tremor, menyebabkan tubuh bergerak di luar perintah otak semuanya. Kalo lagi kambuh aku tuh geraknya di luar kendali, kepala miring, ngeces terus, makan enggak bisa dan kalo lagi kambuh meski pun dipegangi ditekan sekuat tenaga tetap goyang terus. Gerakannya kencang kayak orang kejang tapi gerakannya lebih kuat dibandingkan kejang,” beber Ferry Irawan di channel Youtube Ferry Irawan Pecah Pembuluh Darah Nyaris Lumpuh Gue Akui Dulu Gue Sombong seperti dikutip Solopos.com pada Rabu (8/9/2021).

Baca Juga: 4 Hormon Ini Terganggu, Efeknya Tubuh Sering Merasa Lelah Tanpa Sebab

Menurut Ferry Irawan distonia itu sakit yang diderita satu banding satu juta orang.  Sang aktor mengaku sudah stadium 3 dan berharap tidak sampai stadium 4. “Karena kalo sampai stage 4 itu kyk hidup segan mati enggak mau. Fisik ada, nyawa ada tapi otak sudah mati,” paparnya.

Menurut pemeran Taman Lawang ini  dokter bilang penyebab nomor satu distonia adalah pikiran. “Pikiran bisa menyebabkan semua penyakit. Maka ada slogan kalo pikiran sehat tubuh juga sehat. Namun saat kambuh kali kedua, dia mengaku pemicunya adalah masalah rumah tangga.

Pada 1999 saat kali pertama mengalami serangan, Ferry mengatakan pemicunya adalah stret karena pekerjaan. “Trigger-nya itu dulu pada 1999, itu kena serangan pertama kali. Faktornya mungkin dulu syuting pernah dari hari Rabu jam 9 pagi, break-nya hari Kamis jam 11 siang, karena masih muda, kuat. Dulu kan belum ada stripping, adanya weekly, sepekan aku megang tiga sinetron sekaligus,” bebernya.

Semula, Ferry Irawan mengalami sakit kepala yang begitu hebat sampai-sampai mempengaruhi gerak tubuhnya. Ferry Irawan mengira ia menderita stroke, sampai pada akhirnya setelah pergi ke banyak dokter barulah ia mengetahui bahwa sakit yang dideritanya adalah distonia.

“Suatu waktu tiba-tiba aku ngerasa kepala aku kayak sakit ya, cuma lama-lama, posisi kepalaku miring sendiri. Terus diurut, enggak mau balik juga dia. Ke dokterlah, di-MRI, CT Scan, pembuluh darahku sudah pecah, tapi larinya bukan ke stroke. Sampai enam dokter, baru tahu aku kena distonia,” ujarnya.

Baca Juga: Kewanen! Deddy Corbuzier Ungkap Rahasia Kapolda Metro Jaya

Di tahun-tahun pertama ia berjuang melawan penyakit distonia itu, Ferry Irawan sempat putus asa. Bahkan secara terang-terangan ia mengaku ingin bunuh diri karena penyakitnya yang tak kunjung sembuh itu.

Baca Juga: Para Artis Ini Pernah Kena Teror Pinjol, Terbaru Nafa Urbach

“Dulu tahun 1999 sampai 2001 aku nggak bisa ngapa-ngapain, orang tua sudah habis-habisan [biaya], terakhir itu aku pikir, ‘sudah deh, aku suicide saja’. Akhiri hidup aku saja. Kayaknya sudah, nih. Aku bentur-benturin kepala ke tembok, aku di depan ibuku sudah bilang, ‘Aku sudah enggak kuat’,” beber Ferry Irawan.

Beruntung, saat itu Ferry Irawan berhasil bangkit dari keterpurukan dan mengurungkan niatnya untuk mengakhiri hidup. Ferry Irawan berhasil pulih dari distonia berkat sebuah mukjizat saat menjalankan ibadah umrah. Namun penyakit distonia itu kembali kambuh pada 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya