Icip-Icip Rica Bulus Favorit Didi Kempot di Wonogiri
Solopos.com|soloraya

Icip-Icip Rica Bulus Favorit Didi Kempot di Wonogiri

Rica bulus di dekat Pasar Ngadirojo, Wonogiri, merupakan salah satu kuliner ekstrem favorit Didi Kempot.

Solopos.com, WONOGIRI – Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, ternyata memiliki satu kuliner ekstrem berupa rica dan sate bulus. Pernah mencoba?

Kuliner ekstrem tersebut dijajakan di Warung Zolebho, Dusun Kenteng RT 003/RW 002, Ngadirojo Kidul, Ngadirojo.

Lokasinya tidak jauh dari Pasar Ngadirojo. Warung ini menyediakan menu spesial rica-rica bulus basah dan goreng. Warung itu buka saat Solopos.com menyambanginya, Jumat (7/2/2020) siang.

Kuliner ini seperti olahan daging biasa. Daging bulus terlihat seperti kikil atau olahan kulit sapi. Ada juga yang berserat seperti daging ayam.

Baca juga: Sate Jamu: Kuliner Daging Anjing Populer di Solo yang Sempat Menipu

Saat sampai di mulut, benar saja, tekstur dagingnya seperti kikil, yakni kenyal tetapi lebih lembut. Bagian daging lainnya seperti daging ayam. Namun rasanya ternyata berbeda dengan kikil dan daging ayam.

Secara keseluruhan, rasa rica-rica bulus ini lezat. Tidak heran jika banyak pengunjung yang datang ke warung ini.

Bagi yang suka pedas bisa ditambahkan sambal bawang. Rasanya dijamin meledak di mulut, karena sambalnya sangat pedas. Sensasi pedasnya membuat tak ingin berhenti menikmatinya.

Baca juga: Sejarah Daging Anjing Jadi Kuliner di Solo

Favorit Didi Kempot

“Rica bulus ini makanan favorit Didi Kempot. Kalau ada kegiatan di Wonogiri, dia pasti memesan. Kali terakhir, waktu manggung di alun-alun [Alun-Alun Giri Krida Bakti] dia memesan 20 porsi. Itu untuk dia dan para krunya,” ucap Zolebho si pemilik warung.

Lelaki 42 tahun itu menjual kuliner olahan daging bulus sejak lima tahun lalu. Awalnya dia hanya coba-coba.

Dia tertarik memasaknya setelah melihat ada pengepul ular dan bulus yang beraktivitas hanya saat Pon (penanggalan Jawa).

Baca juga: Kisah Misteri Makam Dayakan Klaten: Penunggunya Usil

Masakannya ditawarkan kepada teman-temannya. Tak disangka, mereka malah terus memesan menu itu.

Sejak saat itu Zolebho menjual kuliner olahan daging bulus dengan harga Rp20.000/porsi. Selain diolah menjadi rica, bulus kadang dimasak sup. Harga masakan itu sama dengan rica. Selain rica bulus Zolebho juga menjual rica landak, biawak, dan kadang celeng. Rica biawak dan celeng dijual Rp20.000/porsi, sedangkan rica landak Rp25.000/porsi.

Namun, paling laris adalah menu rica bulus. Zolebho bisa menjual 30-40 porsi/hari, sedangkan menu lainnya rata-rata lima porsi/hari.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago