SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu hamil minum kopi. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Bagi para ibu penggemar kopi tentu sulit menghentikan kebiasaan minum minuman ini saat hamil. Namun yang menjadi pertanyaan apakah boleh wanita berbadan dua mengonsumsi minuman ini?

Nah agar kehamilan tetap sehat dan tanpa ada gangguan simak ulasan tips untuk ibu hamil berikut ini. Sebenarnya bukan hanya asupan kopi yang perlu dibatasi oleh ibu hamil, tetapi juga makanan dan minuman lain yang mengandung kafein, seperti cokelat, minuman ringan, dan teh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ibu hamil minum kopi sebenarnya boleh-boleh saja, hanya saja jumlah asupan kopi per harinya penting untuk diperhatikan. Pasalnya, jika diminum secara berlebihan, kopi berisiko mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin.

Baca Juga: Peningkatan Ekspor Kopi Bisa Dimulai Dari Penanganan Masalah di Petani

Selain itu, wanita yang sedang mengandung sebaiknya juga mewaspadai kafein. Kafein biasanya ditambahkan ke dalam obat pereda nyeri untuk migrain dan energy drink.

Kandungan kafein pada kopi bisa menimbulkan beberapa efek samping, seperti kecemasan, susah tidur, dada berdebar, mual, gangguan pencernaan, sering pipis, dan gemetaran atau tremor.

Selain itu, kopi juga bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah dan caffeine withdrawal, terutama jika Bumil sudah sering mengonsumsi kopi sebelumnya.

Baca Juga: Amerika Serikat Makin Familier dengan Cita Rasa Kopi Khas Nusantara

Selama kehamilan, tubuh ibu hamil membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memetabolisme kafein. Dengan begitu, berbagai efek samping kafein atau kopi tersebut mungkin bisa bertahan lebih lama di tubuh Bumil.

Selain itu, kafein juga dapat menembus plasenta, padahal metabolisme janin di dalam kandungan belum cukup matang untuk bisa mencerna kafein. Oleh sebab itu, jika dikonsumsi berlebihan, kafein pada kopi dikhawatirkan bisa membahayakan kesehatan Bumil dan janin.

Berikut adalah beberapa masalah kesehatan pada ibu haml dan janin yang lebih berisiko terjadi, jika ibu hamil minum kopi secara berlebihan seperti dikutip dari alodokter.com pada Selasa (21/6/2022) :

– Refluks asam lambung pada ibu hamil
– Keguguran
– Kelahiran prematur atau bayi lahir dengan berat badan rendah
– Anemia pada ibu hamil

Baca Juga: Nikmatnya Kopi Khas Solo di Pasar Gede, Cuma Rp5.000 Lur

Setiap jenis kopi bisa mengandung jumlah kafein yang berbeda-beda. Oleh sebab itu,  ibu hamil perlu memperhatikan kadar kafein yang tertera pada label kemasan produk kopi. Batas maksimal konsumsi kafein bagi ibu hamil dalam sehari adalah 200 mg atau setara 2 cangkir kopi instant.

Selain pada kopi, jumlah ini juga berlaku untuk makanan atau minuman lain yang mengandung kafein. Jangan sampai konsumsi kafein Bumil melebihi batas toleransi harian, ya.

Berikut adalah jumlah umum kafein dalam makanan dan minuman:

– 1 cangkir kopi seduh: 60–200 mg
– 1 cangkir kopi saring: 140 mg
– 1 cangkir kopi instan: 100 mg
– 1 kaleng soda: 40 mg
– 1 cangkir teh: 75 mg
– 50 gram cokelat: 25-50 mg

Jadi, kopi bukanlah pantangan ibu hamil muda. Namun, mengingat adanya risiko masalah kesehatan yang dapat timbul akibat minum kopi secara berlebihan, Bumil sebaiknya mulai membatasi asupan kopi sebanyak 2 cangkir, ya. Terutama jika Bumil selama ini memang sudah terbiasa minum kopi setiap hari.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya