SOLOPOS.COM - Tim gabungan berhasil menemukan satu jasad korban tertimbun longsor di Dusun Blembem, Candirejo, Semin, Selasa (21/11/2022) - Harian Jogja/David Kurniawan

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Dua korban tertimbun tanah longsor di Dusun Blembem, Candirejo, Semin, Gunungkidul, DI Yogyakarta, berhasil ditemukan, Selasa (22/11/2022) petang. Kedua korban yang merupakan ibu dan anak itu ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa.

Koordinator Lapangan Tim SAR Gabungan, Arif Rahman, mengatakan kedua korban yang tertimbun tanah longsor sudah ditemukan. Korban pertama yang ditemukan atas nama Karni, 55, sekitar pukul 15.00 WIB. Namun, jasad Karni baru berhasil dievakuasi sekitar pukul 16.00 WIB.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

“Untuk posisinya berada di dekat pintu yang bergeser sekitar lima meter ke sisi utara,” kata Arif kepada wartawan, Selasa petang.

Setelah korban pertama ini ditemukan, tim langsung melanjutkan pencarian di lokasi tersebut. Sekitar pukul 16.30 WIB, korban kedua atas nama Karso, 90, mulai terlihat. Jasad Karso terlihat di sisi timur dengan jarak tiga meter dari jasad korban pertama.

Arif menjelaskan dalam proses pengangkatan korban kedua ini ada kendala. Sebab, tanah lokasi penemuan masih labil. Jasad juga sempat terkubur material longsoran sedalam tujuh meter.

Baca Juga: Rekonstruksi Kasus: Kejinya Mahasiswa UNS Bunuh Wanita Hamil di Pantai Kukup

“Jadi harus digali ulang. Hingga akhirnya sekitar pukul 18.04 WIB, korban kedua dapat diangkat ke atas,” kata dia.

Arif menambahkan, dengan penemuan dua jenazah korban tersebut maka operasi pencarian dihentikan karena target telah terpenuhi.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh relawan ya g ikut berpartisipasi dalam pencarian,” katanya.

Kabag Ops Polres Gunungkidul, Kompol Neko Budi Andoyo, mengatakan untuk korban kedua diidentifikasi korban Karso, 90. Kepastian ini diketahui karena korban pertama diidentifikasi anaknya, Karni.

Baca Juga: Ajaib! 1 Kambing Ditemukan Hidup Usai 4 Hari Tertimbun Longsor di Gunungkidul

“Kita bersyukur akhirnya operasi selama empat hari membuahkan hasil yang baik,” katanya.

Menurut Neko, usai kedua mayat diketemukan akan diserahkan ke pihak kalurahan. Rencananya kedua korban dimakamkan di tempat pemakaman di kalurahan pada Rabu (22/11/2022) pagi.

“Sekarang masih diperiksa tim DVI Polda DIY. Kalau sudah selesai akan diserahkan ke Kalurahan untuk dikebumikan,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Dua Korban Tertimbun Longsor di Gunungkidul Ditemukan, Pencarian Korban Dihentikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya