SOLOPOS.COM - Sejumlah calhaj asal Sukoharjo antre memasuki ruang Muzdalifah di Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Booyolali, Senin (15/8/2016). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Ibadah Haji 2017, visa untuk 5.000 calon haji dari Jateng dan DIY belum selesai diurus.

Solopos.com, SOLO — Visa untuk 5.000 calon haji (calhaj) asal Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belum selesai diurus. Kendati demikian, Kementerian Agama (Kemenag) tak khawatir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kemenag memastikan semua visa calhaj selesai dibuat sebelum jadwal keberangkatan ke Tanah Suci. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Jateng, Farhani, mengatakan Kemenag Jateng sudah mendapatkan informasi dari Kemenag pusat terkait 5.000 visa calhal asal Jateng dan DIY yang belum selesai dibuat.

Visa milik calhaj belum selesai dibuat karena antrean pembuatan visa di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Arab Saudi cukup panjang. “Jumlah calhaj asal Indonesia tahun ini bertambah banyak setelah pemerintah Arab Saudi menambah kuota haji tahun ini. Bertambahnya kuota haji tahun ini berpengaruh pada banyaknya antrean pembuatan visa,” ujar Farhani kepada wartawan di D’wangsa Hotel, Colomadu, Karanganyar, Jumat (28/7/2017).

Ia mengatakan antrean pembuatan visa di KBRI Arab Saudi dinilai wajar. Kakanwil Kemenag Jateng sudah meminta Kemenag pusat mendahulukan pembuatan visa bagi calhaj yang terlebih dulu diberangkatkan ke Tanah Suci.

“Kami pastikan visa 5.000 calhaj selesai dibuat sebelum calhaj diberangkatkan ke Tanah Suci,” kata dia.

Ia menjelaskan jumlah calhaj yang diberangkatkan melalui Embarkasi Solo total sekitar 34.000 orang yang tersebar di 95 kelompok terbang (kloter). Rinciannya, sebanyak 30.225 calhaj berasal dari Jateng dan 4.000 dari DIY. Dari jumlah tersebut sebanyak 5.000 visa calhaj sampai sekarang belum selesai dibuat.

Ditanya mengenai persiapan Asrama Haji Donohudan menyambut calhaj tahun ini, Farhani mengatakan semua persiapan sudah final. Lokasi asrama sudah dicek dan hasilya semua ruang asrama, keran air, kipas angin, AC, tempat makan, dan fasilitas pendukung lainnya sudah bagus semua.

Kerusakan pada bagian atap dan AC yang kurang dingin sudah diperbaiki. Kasi Penyelengaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Solo, Rosyid Ali Safitri, mengatakan visa 600 calhaj asal Solo sudah selesai dibuat.

Kakanwil Kemenag Jateng akan membagikan visa calhaj Solo pada H-1 sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci. “Kami bersukur visa calhaj asal Solo tidak mengalami masalah seperti daerah lain. Calhaj bisa tenang beribdah karena semua administrasi ke Tanah Suci sudah beres semua,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya