SOLOPOS.COM - Pelatih anyar PSIS Semarang, Ian Andrew Gillan. (PSIS)

Solopos.com, BEKASI– PSIS Semarang memiliki pelatih kepala baru. PSIS menunjuk Ian Andrew Gillan sebagai pelatih baru mereka untuk mengarungi Liga 1 musim ini. Ian Andrew menggantikan pelatih asal Serbia, Dragan Djukanovic, yang mundur sebelum Liga 1 2021-2022 bergulir.

Ian Andrew Gillan merupakan pelatih berkewarganegaraan Australia dan Skotlandia yang memiliki lisensi kepelatihan AFC Pro. Bergabungnya Ian Andrew Gillan sebagai pelatih kepala PSIS diharapkan mampu mengangkat prestasi tim dan melakukan proses development team untuk mengorbitkan pemain muda.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, menilai Ian Gillan memiliki banyak pengalaman karena pernah melatih tim-tim kasta tertinggi di Asia Tenggara mulai dari Filipina hingga Malaysia. “Setelah menjalani proses seleksi yang panjang, manajemen akhirnya memutuskan menunjuk Ian Andrew Gillian sebagai pelatih,” kata Yoyok Sukawi.

Baca Juga: Persijap Jepara Pun Targetkan Juara Liga 2

Berikut profil Ian Andrew Gillan dihimpun dari berbagai sumber.

Ian Andrew Gillan merupakan sosok kelahiran Aberdeen, Skotlandia, pada 16 Januari 1965. Ketika masih aktif bermain, Ian Andrew berposisi sebagai gelandang.

Dia tercatat pernah bermain di tim asal Australia, Dulwich Hill, pada 1992. Setelah pensiun, dia memulai karier sebagai pelatih pada 2000.

Baca Juga: Pemain Muda Dominasi Tim Piala Thomas dan Uber Indonesia

 

Tim Pertama

Ian Gillan memulainya sebagai pelatih tim U-19 St George, sebuah tim semipro di Australia. Kebanyakan Ian memulai kariernya sebagai pelatih di Australia.

Di dia pernah menjadi staf pelatih beberapa klub seperti Ryde City, Penrith Nepean United, hingga Fraser Park. Pada 2010-2013, Ian Andrew Gillan juga pernah menjadi staf pelatih di Perth Glory FC, Australia.

Ian Andrew Gillan juga pernah menjadi direktur teknik Kedah FA Malaysia pada 2015 setelah pada 2014 menjadi asisten pelatih tim senior. Pada 2017, Ian Andrew Gillan kemudian menjadi pelatih kepala Ilocos United di Liga Filipina.

Baca Juga: Liga 2 Digelar Senin-Kamis di Daerah PPKM Level 2 dan 3

Ian Andrew Gillan Dia juga pernah menjadi pelatih kepala Sarawak FA di Liga Malaysia pada 2018-2019. Pada 2020, Ian kembali ke Malaysia untuk menjadi pelatih Kedah FA Malaysia.

Ian Andrew  Gillan lantas melanjutkan kariernya di Indonesia dan PSIS menjadi tim pertama yang dilatih olehnya di sepak bola Tanah Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya