SOLOPOS.COM - Hyundai Stargazer mulai tersedia di Soloraya, tepatnya di dealer Hyundai Solo Baru, Sabtu (13/8/2022).(Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SUKOHARJO—Setelah resmi diluncurkan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) di hari pertama pelaksanaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Hyundai Stargazer kini resmi hadir di Soloraya, tepatnya di Hyundai Solo Baru. Produk tersebut hadir dengan empat varian dengan harga OTR Soloraya mulai dari Rp246.300.000.

Hyundai Stargazer disebut menjadi kendaraan keempat yang diproduksi secara lokal di Pabrik Hyundai Motor di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kendaraan jenis MPV itu diharapkan menjadi tolak ukur baru di kelasnya berkat tampilan menarik dan interior yang lapang dan diklaim sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Pada Sabtu (13/8/2022), kendaraan baru itu dikenalkan kepada para konsumen loyal Hyundai di dealer Hyundai Solo Baru. Stargazer memiliki tampilan eksterior yang mengusung tipologi konsep kendaraan Sleek One Box. Horizontal Daytime Running Light (DRL) yang melintang pada bagian depan kendaraan seakan memperkuat kesan dinamis, ekspresif, dan futuristis.

Pada bagian belakang kendaraan, Hyundai memperkuat identitas STARGAZER dengan Distinctive H Rear Lamp yang ikonik. Lampu belakang berbentuk huruf H memungkinkan Stargazer mudah dikenali sebagai produk Hyundai meski tampak dari kejauhan.

Baca Juga: Hyundai Stargazer Resmi Diluncurkan, Segini Harganya

Dari segi dimensi, Hyundai Stargazer memiliki dimensi panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.695 mm, jarak sumbu roda sepanjang 2.780 mm, serta jarak overhang sisi depan 800 mm dan sisi belakang sepanjang 880 mm. Kemudian untuk ground clearance dari Hyundai Stargazer sekitar 195 mm yang diharapkan membuatnya semakin Tangguh untuk melalui kontur jalanan yang bergelombang dan berbatu.

Stargazer disebut memiliki interior yang lapang dengan ruang penyimpanan praktis multifunctional storage space yang menjadi konsep utama dalam desain interior Stargazer . Selain itu, beberapa sentuhan lain juga diberikan untuk menguatkan suasana mewah pada interior Stargazer .

Stargazer menawarkan empat mode berkendara yang tersedia mulai dari Eco, Comfort, Smart dan Sport. Masing-masing mode yang tersedia mampu memenuhi kebutuhan pengguna mulai dari penggunaan bahan bakar lebih efisien dengan mode Eco hingga kebutuhan akselerasi dan performa yang lebih maksimal di mode Sport. Stargazer juga telah dilengkapi dengan Remote Start Engine sehingga pengguna tidak perlu lagi memutar tuas kunci untuk menyalakan mesin.

Baca Juga: Inovasi Baterai Jadi Tantangan Utama Pengembangan Kendaraan Listrik

Dari segi performa, Stargazer memiliki mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC yang dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 115 ps/6,300 rpm dan torsi maksimal hingga 143,8 Nm/4,500rpm. Kemampuan tersebut membuktikan kinerja mesin yang disuguhkan Stargazer tidak memerlukan penginjakan pedal gas yang dalam namun sudah siap memberikan dorongan instan dan responsif.

Selain itu telah ditambahkan sistem Intelligent Variable Transmission (IVT) yang mampu memaksimalkan kecepatan dengan efisien dan dan irit bahan bakar. Sistem ini juga memberikan pergerakan kendaraan lebih mulus serta responsif dibandingkan transmisi jenis otomatis tradisional saat di perjalanan.

Untuk fitur-fiturnya, salah satu fitur yang dimiliki kendaraan tersebut adalah Hill-Start Assist Control (HAC) yang dapat mencegah kendaraan mundur saat menyalakan mesin dari posisi berhenti di tanjakan. Ada juga Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang  merupakan fitur yang dirancang untuk membantu mendeteksi adanya kendaraan dari arah depan dan memperingatkan pengemudi bahwa akan terjadi potensi tabrakan.

Selanjutnya ada Lane Keeping Assist (LKA) yang dirancang untuk mendeteksi marka jalan atau tepi jalan saat berkendara di atas kecepatan tertentu. Dilengkapi juga dengan Lane Following Assist (LFA) yang mampu membantu mendeteksi marka jalur dan/atau kendaraan di jalan, serta membantu mengarahkan roda kemudi untuk membantu menjaga kendaraan di jalur.

Baca Juga: Bahaya Isi Bensin Eceran Terhadap Mesin Kendaraan

Teknologi Inovatif

Fitur keselamatan lain pada Stargazer adalah Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA), Rear View Monitor (RVM), Safe Exit Warning (SEW), Driver Attention Warning (DAW) dan High Beam Assist (HBA).

Hyundai Motors Indonesia juga kembali menghadirkan teknologi inovatif, yakni Hyundai Bluelink, yakni sebuah inovasi Connected Car Service yang memungkinkan pengguna untuk selalu terhubung dengan mobil mereka melalui smartphone.

Hyundai Stargazer tersedia dalam berbagai warna eksterior, antara lain Midnight Black Pearl, Creamy White Pearl, Magnetic Silver Metalic, Titan Gray Metalic, Optic White Solid, Dragon Red Pearl dan Mangrove Brown Pearl.

Stargazer juga tersedia dengan pilihan Two-Tone Color dengan tambahan biaya Rp1.500.000 untuk varian Prime dan akan ada tambahan biaya Rp1.000.000 untuk Captain Seat yang tersedia untuk varian Trend, Style, dan Prime.

Baca Juga: Resmi Dibuka, GIIAS 2022 Bertabur Kendaraan Listrik

President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cha, mengatakan Stargazer telah dirancang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan masyarakat, dan kondisi jalanan di Indonesia.

“Peluncuran Stargazer menjadi tanda bahwa kami memberikan jawaban bagi gaya hidup masyarakat Indonesia yang gemar bepergian jauh bersama keluarga. Kami sangat berterima kasih atas sambutan yang positif untuk STARGAZER dari para pelanggan di Indonesia,” kata dia dalam rilisnya, Sabtu.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Makmur, menyampaikan Stargazer merupakan kendaraan keluarga yang memiliki kabin lapang dan pemanfaatan ruang yang maksimal, namun tetap mengutamakan kenyamanan. Tak hanya itu, Stargazer juga lengkap dengan teknologi yang inovatif serta fitur keamanan terkini. “Kami percaya, produk ini dapat menjadi tolak ukur baru di kelasnya dan memenuhi kebutuhan mobilitas sehari-hari hingga menemani perjalanan jauh,” jelas dia.

Untuk harga (on the road/OTR) di Soloraya adalah:



  • Hyundai Stargazer Active MT: Rp246.300.000
  • Hyundai Stargazer Active IVT: Rp258.900.000
  • Hyundai Stargazer Trend MT: Rp266.300.000
  • Hyundai Stargazer Trend IVT: Rp278.900.000
  • Hyundai Stargazer Style: Rp299.300.000
  • Hyundai Stargazer Prime: Rp310.100.000

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya