SOLOPOS.COM - Hyundai Creta di Pantai Melasti, Bali. (Alvari Kunto Prabowo)

Solopos.com, SOLO — PT Hyundai Motors Indonesia meluncurkan Creta, sebuah sport utility vehicle (SUV) dengan beragam fitur kelas atas. Creta adalah mobil pertama pabrikan asal Korea Selatan itu yang dibuat di Indonesia. Solopos.com, berkesempatan menjajal SUV compact ini selama 2 hari, Rabu-Kamis (26-27/1/2022) bersama puluhan jurnalis.

Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur, menerangkan Creta dibekali mesin tipe 1.5L MPI berkapasitas 1.500 cc. Mesin ini sanggup menghasilkan power maksimal 115 PS pada 6.300 RPM. Sementara torsi maksimal yang dihasilkan adalah 14.7 kg-m/4.500 RPM. Mesin 4 silinder 16-valve (HLA) ini dipadukan dengan pilihan transmisi manual 6 percepatan atau transmisi otomatis intelligent variable transmission (IVT).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kapasitas bahan bakar sebanyak 40 liter ini dinilai cukup untuk mengajak Creta bertualang di Pulau Dewata. Tercatat pada dua hari penggunaan konsumsi bahan bakar Creta berada di angka rata-rata 15 km per 1 liter. Terlebih di Creta tipe Prime yang dipakai jurnalis terdapat pilihan mode berkendara mulai dari eco, normal, comfort dan sport. Fasilitas Bluelink yang terkoneksi pada smartphone juga membuat pengemudi termanjakan.

Sementara di sektor tampilan, Hyundai merancang Creta dengan desain grille futuristik. Bagian depan juga makin ciamik dengan penggunaan lampu DRL Parametric Jewel Hidden. Saat menyala DRL ini membentuk semacam tampilan bumerang yang mampu mengalihkan pandangan mata.

Baca Juga : Hyundai Creta Teruji Ampuh Lahap Rute Pegunungan Batur

Di bagian interior Hyundai Creta punya layar instrumen TFT ukuran 10,25 inci. Layar ini cukup menmanjakan mata dan pengemudi bisa memilih tampilan sesuai mode berkendara yang dipilih. Jika mobil lain ada penghangat jok, maka Creta justru punya ventilated seat, saat tombol dipencet, Solopos.com merasakan embusan udara sejuk dari punggung hingga paha. Ini sangat cocok bagi pengemudi Indonesia yang tinggal di daerah tropis.

Ambient lamp serta head unit berukuran 8 inci yang bisa terkoneksi dengan smartphone juga ada di Creta. Pengemudi bisa mengatur audio dari pabrikan BOSE hanya melalui tombol di bagian stir. Pada varian Prime juga terdapat tuas transmisi pada stir selayaknya transmisi pada kendaraan Formula 1. Di varian Prime ini pula ada panoramic roof dan bisa dibuka yang membuat interior makin lapang.

Hyundai rupanya tak main-main terkait fasilitas keselamatan pada Creta. SUV ini dilengkapi dengan Hill-Start Assist Control (HAC), Emergency Stop Signal (ESS), Forward Collision-Avoidance Assist, Lane Keeping dan Lane Following Assist, Blind-Spot Collision-Avoidance Assist, ada pula Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist.

Baca Juga : Bluelink Bikin Hyundai Creta Lebih Cerdas

Makmur menyatakan banyaknya fasilitas yang memanjakan pengemudi dan penumpang ini pula menjadikan Creta layak dimiliki. Hingga Januari 2022 sedikitnya 1.700 Creta telah terpesan konsumen di Indonesia. “Hebatnya komsumen inden tanpa harus melakukan testdrive atau sekadar melihat unit display,” katanya.

Hyundai menyiapkan enam varian Creta yang sudah siap diocesan di seluruh dealer Hyundai di Indonesia. Untuk varian Active MT 6-speed dijual Rp 279 juta, Trend MT 6-speed Rp299 juta, Trend IVT Rp 319 juta, Style IVT Rp 359 juta. Sedangkan varian Prime IVT dijual Rp397,5 juta serta varian tertinggi Prime IVT Two Tone Roof Rp399 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya