SOLOPOS.COM - Tank AMX-13 milik Yonkav) 2/Tank Kodam IV/Diponegoro dinaiki warga saat Kirab Bendera Merah Putih di Semarang, Jateng, Minggu (13/8/2017). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyebut institusinya yang paling dipercaya oleh masyarakat.

Solopos.com, KOTABARU — Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyebut bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah institusi paling solid dan terpercaya di mata masyarakat. Hal itu, katanya, berdasarkan survei terakhir dilakukan oleh lembaga survei Center for Strategic and International Studies (CSIS).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu dikatakan Gatot dalam pidatonya yang dibacakan Wakil Bupati Kotabaru H Burhanudin pada peringatan HUT TNI, Kamis (5/10/2017), di Kotabaru. Kondisi tersebut, kata Gatot, merupakan hasil kinerja estafet yang diukir pimpinan dan pejuang TNI yang sungguh-sungguh mereformasi institusi itu.

Dikatakannya, setiap prajurit dan aparatur sipil negara (ASN) dituntut mengedepankan tugas dan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi. Sekecil apapun sikap dan tindakan primitif akan mengganggu bahkan merusak jati diri TNI, baik sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional.

Prestasi dan kinerja optimal TNI yang telah mendapatkan penilaian positif dari masyarakat harus senantiasa dipertahankan, bahkan perlu ditingkatkan lagi di masa mendatang. Impelementasinya, prajurit TNI harus selalu menjadi suri tauladan dalam kepatuhan dan ketaatan terhadap ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku dimanapun prajurit TNI berada dan bertugas.

“Dari semua prestasi tersebut tentu berdampak pada terpeliharanya opini masyarakat terhadap pengabdian TNI. Karenanya tidak diragukan lagi, dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini publik tetap menilai bahwa TNI merupakan institusi yang paling dipercaya,” kata Gatot dalam isi pidato itu. Baca juga: Soal 5.000 Senjata Ilegal, Panglima TNI Bantah Bocorkan Data Intelijen.

“Kepada seluruh prajurit dan ASN dimanapun saat ini bertugas dan berada saya ucapkan selamat ulang tahun dan Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia yang kita cintai dan banggakan bersama,” lanjutnya. Baca juga: Di Depan Kabinetnya, Presiden Jokowi Tegaskan Dirinya Panglima Tertinggi.

Peringatan ke-72 hari TNI 2017 kali ini, dilaksanakan secara terpusat dengan menampilkan upacara parade, defile, dan demonstrasi kemampuan para prajurit maupun alutsista TNI. Hal ini menurut Gatot merupakan bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada Presiden selaku panglima tertinggi, dan seluruh rakyat Indonesia.

“Harapan saya, semoga semua yang ditampilkan dalam rangkaian upacara kali ini dapat memberikan gambaran yang utuh tentang pembangunan kekuatan dan profesionalisme prajurit TNI, sehingga bisa menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia terhadap TNI,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya