SOLOPOS.COM - Muhammad Abu Dawud. (Istimewa-dok. pribadi)

Solopos.com, SOLO -- Pria warga Jl. Rinjani Dalam Nomor IV Nomor 16 Kelurahan Mojosongo, Jebres, Solo, bernama Muhammad Abu Dawud, 34, punya cara unik yakni keliling Pulau Jawa untuk turut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

Pria Solo itu berencana melakukan perjalanan keliling Jawa sepanjang 1.945 kilometer dengan melewati 17 kota dan delapan kabupaten dengan menggunakan sepeda balap Polygon Stratos S4. Tidak main-main, rute sepanjang itu akan Dawud tempuh dengan mengendarai sepeda balapnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat dihubungi Solopos.com melalui telepon seluler (ponsel), Minggu (2/8/2020) malam, Dawud mengaku akan menempuh perjalanan keliling Pulau Jawa itu sendirian.

Kontes Sepeda Onthel Solo: Ada Peserta Yang Habis Sampai Rp100 Juta Untuk Upgrade Loh...

Tidak ada tim yang akan mengawal pria Solo itu keliling Jawa baik menggunakan sepeda motor atau mobil.

“Rencana start dari kawasan Manahan pada 15 Agustus 2020 pagi. Saya targetkan perjalanan [keliling Jawa] ini selesai dalam enam hari. Artinya pada 20 Agustus 2020 saya sudah finis di lokasi yang sama di kawasan Manahan,” ujar dia.

Untuk prosesi keberangkatan (start) gowes keliling Pulau Jawa, menurut Dawud, pihaknya sedang melobi putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dan tim.

Ada ASN Positif Covid-19, Satu Gedung di Balai Kota Solo Ditutup Sementara

Diharapkan pengusaha kuliner itu mau mengibarkan bendera start sebagai tanda dimulainya perjalanan keliling Jawa yang akan dilakukan Dawud.

Tapi hingga Minggu malam belum ada jawaban dari Gibran maupun timnya.

“Ya kalau memang tidak bisa ya nanti seremonial sama komunitas saja nggak apa-apa,” tutur pria yang bekerja sebagai staf bagian akademik Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tersebut.

Istri dan Anak Mendukung

Alumnus MAN 1 Solo tahun 2004 itu mengaku sudah melakukan sejumlah persiapan agar perjalanannya keliling Pulau Jawa lancar dan selamat. Apalagi sang istri, Ni’matun Hidayah, dan empat anak mereka mendukung kegiatan pria Solo tersebut.

Bajo dan Calon Rival Lain di Pilkada Solo Bermunculan, Gibran: Saya Senang

Selama ini Dawud memang sudah beberapa kali melakukan perjalanan ratusan kilometer dengan mengendarai sepeda. “Istri sama anak mendukung. Soalnya sudah sering sepedaan berhari-hari tidak pulang rumah,” kata dia.

Namun pria itu mengaku agenda perjalanan sepanjang 1.945 kilometer keliling Pulau Jawa adalah rute terpanjang yang akan dia lalui.

Rute terpanjang bersepeda yang pernah ditempuh Dawud selama ini yaitu 734 kilometer pada tahun 2019.

“Hanya explore Jateng dan Jatim. Rata-rata sendirian, tidak sama teman-teman,” sambung Dawud.

Awas! Jl. Kolonel Sugiono Solo Masuk Black Spot setelah Terjadi Dua Kecelakaan Fatal

Dalam perjalanan gowes keliling kali ini, dia berencana membagikan 150 masker kepada masyarakat Pulau Jawa dengan tujuan kampanye protokol kesehatan.

Ihwal alasannya rela menempuh perjalanan sejauh itu sendirian, pria Solo itu mengaku ingin mempersembahkan bukti cintanya kepada Indonesia. “Ini wujud cinta saya untuk Indonesia,” urai dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya