HUT RI : Lomba Panjat Pinang di SGM Solo, Ayo Selak Pundake Sempal…

HUT RI : Lomba Panjat Pinang di SGM Solo, Ayo Selak Pundake Sempal…
SOLOPOS.COM - Ilustrasi mal di Solo (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

HUT RI di Solo Grand Mall (SGM) diperingati dengan berbagai lomba.

PromosiMengenal Primata Endemik Pulau Jawa yang Dikenal Cerdas Namun Pemalu

Solopos.com, SOLO — Lomba panjat pinang digelar di Solo Grand Mall (SGM) Kamis (17/8/2017).

Ayo cepet [ayo cepat]. Mesakne ngisormu kui selak pundake sempal [kasihan bawahmu itu keburu pundaknya patah],” teriak salah satu pembawa di depan mikrofon. Di depan pembawa acara tersebut tampak tiga orang pemuda membentuk barisan vertikal yang menempel pada bambu setinggi 8 meter (m). Kedua kaki mereka menginjak pundak pemuda di bawahnya.

Pemuda paling bawah meringis menahan beban kedua temannya. Kakinya terkadang bergetar pertanda beban yang disangganya terlalu berat. Ketiganya memeluk batang bambu yang dilumuri oli berwarna hitam dengan sekuat tenaga.

Tampak seorang pemuda berupaya memanjat punggung pemuda nomor tiga dari bawah. Dengan sekuat tenaga dia mencoba naik ke atas pundak pemuda urutan tiga dari bawah.

Piye rasane nahan abote kanca-kancamumu? [bagaimana rasanya menahan berat teman-temanmu?]. Isih abot nahan abote masa lalumu, ta? [masih berat menahan beban masa lalumu, kan?],” kelakar pembawa acara tersebut kepada pemuda paling bawah.

Seketika pengunjung Solo Grand Mall (SGM), Kamis (17/8/2017) sore, menyambut kelakar pembawa acara tersebut dengan tawa yang berderai.

Kaki pemuda paling bawah tersebut bergetar hebat. Dia tak kuasa menahan berat teman-teman di atasnya. Seketika susunan pemuda tersebut roboh. Mereka saling berjatuhan di atas matras. Gelak tawa pengunjung mulai tercipta dibarengi dengan teriakan histeris beberapa pengunjung wanita.

Kelima pemuda tersebut lantas mundur. Percobaan tersebut merupakan percobaan kelima mereka untuk mengambil sejumlah hadiah yang tergantung di pucuk batang bambu tersebut. Selain itu, waktu yang dialokasikan untuk setiap tim selama lima menit dalam lomba panjat pinang tersebut sudah habis.

Rampok Hadiah

Selanjutnya, percobaan merampok hadiah yang terbungkus tas di pucuk batang bambu tersebut digantikan tim lain. Porsi badan dan tinggi badan kelima orang dalam satu tim tersebut cukup merata, mulai dari yang gemuk-tinggi hingga yang kurus-pendek. Pemuda gemuk-tinggi menjadi fondasi tim. Disusul rekan-rekan setimnya yang mulai memanjati punggungnya satu persatu.

Sorakan penonton sangat riuh. para penonton menyemangati tim tersebut supaya berhasil menggondol sejumlah hadiah. Tak butuh waktu yang lama, kelima orang tersebut mampu mengantarkan orang terakhir memanjat hingga pucuk bambu tersebut.

Sorakan penonton semakin menjadi. Pemuda yang berada di pucuk batang bambu tersebut mengambil lima tas yang berisi tulisan hadiah kemudian membawanya turun dengan cara meluncur di batang bambu.

Kemeriahan tersebut merupakan lomba panjat pinang yang digelar manajemen SGM dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-72 RI tahun ini. Lomba tersebut diikuti 10 tim yang terdiri atas manajemen SGM, mitra kerja SGM, dan tenant SGM.

General Manager (GM) SGM, Bambang Sunarno, mengatakan dalam lomba panjat pinang, SGM menawarkan berbagai macam hadiah yakni sepeda gunung, voucher belanja, dan alat elektronik seperti rice cooker, VCD player, dan lain lain.

“Kegiatan tersebut merupakan acara puncak setelah sebelumnya kami menggelar berbagai macam lomba untuk pengunjung selama dua hari yakni Rabu-Kamis [16-17/8]. Pada Kamis pagi kami juga meggelar upacara bendera di depan SGM,” kata dia kepada wartawan di sela lomba panjat pinang.

Lomba-lomba yang digelar SGM tersebut yakni lomba makan kerupuk, lomba balap kelereng, lomba balap karung, dan lomba makan shusi. Dalam lomba makan shusi, SGM bekerjasama dengan salah satu tenant mereka yakni Yoshy Shusi. Sedangkan lomba panjat pinang merupakan lomba yang rutin dihadirkan SGM dari tahun ke tahun dalam perayaan Kemerdekaan RI tiap tahun.

“Kami berharap dengan menggelar perlombaan semacam ini dalam HUT RI dapat menggelorakan kembali semangat bangsa khususnya pemuda. Apalagi lomba panjat pinang ini mengajarkan untuk bergotong royong dalam meraih tujuan,” sambung dia.


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago