SOLOPOS.COM - Bendera merah putih raksasa berukuran 16x26 meter terpasang di gedung rektorat kampus UPN Yogyakarta, Rabu (17/8/2016). (Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja)

HUT Kemerdekaan RI dimeriahkan dengan pengibaran bendera raksasa di kampus UPN Veteran Jogja

Harianjogja.com, SLEMAN– Bendera merah putih berukuran 16×26 meter terpajang menyelimuti gedung rektorat kampus Universitas Pembangunan Veteran Jogja dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Koordinator pengibar bendera sekaligus anggota Mapala Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jogja, Zaeni Mansyur mengatakan kegiatan ini merupakan kedua kalinya pengibaran bendera raksasa yang dilakukan oleh Mapala UPN. Kegitan tersebut dilakukan selain dalam memperingati HUT RI ke-71 juga sebagai bentuk rasa cinta Mapala UPN terhadap tanah air.

“Ini kali kedua setelah pengibaran beberapa bulan lalu di Monumen Jogja Kembali,” katanya, Rabu (18/8/2016).

Ia mengatakan, momen hari kemerdekaan ini adalah hari yang tepat untuk melakukan kegiatan pengibaran bendera seberat 20 kilogram tersebut. Apalagi dengan sebutan kampus bela Negara, mahasiswa yang tergaung dalam Mapala selalu ingin memasukkan muatan tanah air sebagai penanda dalan setiap kegiatan-kegitan kemapalaan.

Pemasangan bendera merah putih, kata dia, dipasang oleh delapan mahasiswa dengan menggunakan teknik rapling dari atas gedung rektorat pada hari Selasa (16/8/2016). Kemudian pada pagi hari seluruh civitas akademik dan mahasiswa melakukan upacara bendera dengan mengarah pada bendera yang sudah membentang tersebut.

“Kemudian nanti setelah selesai detik-detik proklamasi, bendera baru akan dilepas. Untuk pelepasan sama dengan teknik rapling namun hanya dilakukan oleh dua mahasiswa saja,” ujarnya.

Zaeni menambahkan, adanya bendera merah putih yang terbentang digedung rektorat ini juga untuk dipamerkan kepada seluruh masyarakat yang melewati gedung rektorat UPN. “Ini juga sebagai penanda, jika pada hari biasa mungkin bendera merah putih ada di tiang bendera, pada saat hari kemerdekaan kami pasang dengan ukuran yang lebih besar,” katanya.

Kedepan, bendera merah putih raksasa ini akan kembali dibentangkan oleh Mapala UPN, namun pasti dengan mencari momen dan waktu yang tepat.

“Kedepan kita akan cari lokasi lain lagi untuk pembentangan bendera merah putih raksasa ini,” ujar Zaeni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya