SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, berbincang dengan perwakilan RSJD Amino Gondohutomo selaku penerima bantuan tabung oksigen dari PMI Jateng saat peringatan HUT ke-71 Provinsi Jateng di halaman Kantor Pemprov Jateng, Minggu (15/8/2021). (Semarangpos.com-PMI Jateng)

Solopos.com, SEMARANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tengah (Jateng) kembali mendistribusikan 40 tabung oksigen dan 5 unit oksigen konsentrat untuk mendukung pemenuhan kebutuhan oksigen di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Jateng.

Bantuan oksigen itu diserahkan  saat upacara peringatan HUT ke-71 Provinsi Jateng di halaman Kantor Pemprov Jateng, Kota Semarang, Minggu (15/8/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua PMI Jateng, Sarwa Pramana, mengatakan bantuan oksigen ini merupakan yang kali kedua diberikan kepada Pemprov Jateng. Sebelumnya,  telah menyalurkan bantuan 20 ton oksigen untuk delapan rumah sakit rujukan Covid-19.

“Bantuan ini merupakan dukungan PMI pusat dan IFRC [International Federation of Red Cross and Red Cresscent] untuk percepatan pemulihan pandemi Covid-19 di Jateng,” ujar Sarwa.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Ganjar Ajak Warga Jateng Diobong Ora Kobong Disiram Ora Teles

Sarwa menambahkan 40 tabung oksigen dan 5 oksigen konsentrat itu rencana didistribusikan ke kantor PMI di kabupaten/kota. Kemudian Baznas Provinsi Jateng, PMI Jateng, RSUD Brebes, RSUD Suradadi Kabupaten Tegal, RSUD Bung Karno Solo.

Selanjutnya Klinik Pemprov Jateng, Klinik Utama PMI Banyuams, Klinik Pratama PMI Cilacap, dan Klinik PMI Purbalingga.

Kepala Klinik Pemprov Jateng, dr. Novi, mengatakan saat ini kliniknya memang sangat membutuhkan oksigen.

“Kami sangat berterima kasih dengan PMI. Dengan adanya bantuan oksigen konsentrat ini akan sangat membantu penanganan pasien yang kebanyakan pegawai Pemprov Jateng,” ujar Novi.

Baca juga: Pandemi Covid-19, 34% Lembaga PAUD di Jateng Kehilangan Murid

Senada disampaikan Kepala Bidang Pelayanan RSJD dr. Amino Gondohutomo, Liarsih. Ia mengaku bantuan tabung oksigen PMI Jateng sangat membantu pihaknya dalam menangani pasien Covid-19.

“Saat ini kami membutuhkan tabung oksigen ukuran 10 kg. Dengan dukungan PMI ini kami berharap bisa menambah persediaan oksigen mengingat kebutuhannya sangat mendesak,” terang Liarsih.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya