SOLOPOS.COM - Ketua Program Studi (Prodi) S2 Ilmu Komunikasi FISIP UNS Solo, Andre Rahmanto memberikan paparan dalam acara Sosialisasi Pemilu 2024: Optimalisasi Peran Kehumasan dan Publikasi dalam Sukseskan Pemilu 2024, yang diselenggarakan KPU Karanganyar, Senin (07/11/2022) di Karanganyar. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Peran bidang Kehumasan di instansi pemerintah, organisasi masyarakat, dan media sangat penting meningkatkan kualitas partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum (pemilu).

Hal tersebut disampaikan Ketua Program Studi (Prodi) S2 Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Andre Rahmanto, dalam acara Sosialisasi Pemilu 2024: Optimalisasi Peran Kehumasan dan Publikasi dalam Sukseskan Pemilu 2024, yang diselenggarakan KPU Karanganyar, Senin (07/11/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya, upaya peningkatan angka partisipasi masyarakat dalam pemilu bukan sekadar menambah jumlah pemilih, tetapi juga meningkatkan kualitasnya. Kualitas partisipasi yang ia maksud adalah adanya kesadaran masyarakat dalam menentukan pilihan mereka, baik presiden maupun wakil rakyat yang duduk di kursi parlemen.

“Masyarakat harus dibangun kesadarannya sebelum memilih. Masyarakat harus memiliki alasan yang jelas mengapa mereka memilih presiden atau wakil rakyat. Apakah yang akan dipilih benar-benar memenuhi aspirasi atau tidak. Makanya keterbukaan informasi dari para calon yang akan dipilih ini penting dan harus ada punishment kalau para calon tidak mau terbuka,” imbuh Andre.

Baca Juga: KPU Karanganyar Usul Dana Pilkada 2024 Rp80 Miliar, Belum Disetujui

Dengan kesadaran ini, maka masyarakat nantinya bisa ikut mengawasi kinerja orang-orang yang mereka pilih.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat Pendidikan Pemilih dan SDM pada KPU Karanganyar, Devid Wahyuningtyas, mengatakan hal senada dengan Andre. “Penting banget peran kehumasan ini. Sangat signifikan perannya dalam menyampaikan informasi dan ikut mendorong peningkatan kualitas partisipasi masyarakat dalam pemilu. Sehingga kami mengundang bidang humas dari instansi dan organisasi masyarakat agar bersama-sama mewujudkan tujuan tersebut,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya