SOLOPOS.COM - Ilustrasi berbuka puasa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Pada hari tasyrik, umat muslim dilarang untuk berpuasa. Lalu, bagaimana hukum puasa sunah ayyamul bidh yang pada Juli 2022 bertepatan pada hari tasyrik, yakni 13, 14, dan 15 Zulhijah?

Puasa ayyamul bidh merupakan salah satu puasa sunah yang dilaksanakan selama tiga hari setiap bulan saat bulan purnama, yakni tanggal 13, 14, dan 15 di bulan Hijriah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan hadis yang diriwiyatkan Ibnu Abbas, puasa ayyamul bidh hukumnya sunah muakad, sebuah amalan yang sangat dianjurkan. “Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: Rasulullah SAW sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah (ayyamul bidh) baik di rumah maupun dalam berpergia.” (HR an-Nasa’i dengna sanad hasan).

Karena bertepatan dengan hari tasyrik, banyak umat muslim yang bertanya-tanya mengenai hukum puasa ayyamul bidh pada bulan Juli 2022, apakah dilarang?

Baca Juga: Rekomendasi Menu Makanan Spesial untuk Hari Raya Iduladha Besok

Dalam sebuah hadis dari Nubaisyah al Hudzali, Rasululullah bersabda, “Hari tasyrik adalah hari makan dan minum.” (HR Muslim 1141).

Dikutip dari situs konsultasi tentang Islam, Konsultasisyariah.com, para ulama mengatakan bahwa puasa hari tasyrik dilarang, kecuali bagi orang yang melakukan haji tamattu’ dan tidak memiliki hewan yang disembelih sebagai hadyu menurut pendapat Imam Malik, dan Imam as-Syafii dalam qoul qadim.

Baca Juga: Mengucapkan Selamat Hari Raya Iduladha, Bagaimana Hukumnya?

Terkait hukum puasa ayyamul bidh di hari tasyrik, Konsultasisyariah.com menyebut puasa ayyamul bidh dilarang untuk dilakukan pada tanggal 13 Zulhijah.

Bagi yang terbiasa melakukan puasa ayyamul bidh, bisa berpuasa di tanggal 14, 15 Zulhijah dan kekurangannya bisa dilaksanakan pada 16 Zulhijah.

Baca Juga: Dibilang Unik! Ini Isi Ajaran Tarekat Shiddiyyah

“Karena inti dari puasa ayyamul bidh adalah mengamalkan anjuran puasa tiga hari tiap bulan. Dan bukan syarat puasa 3 hari tiap bulan harus dilakukan di ayyamul bidh,” terang Dewan Pembina Konsultasisyariah.com, Ustaz Ammi Nur Bait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya