SOLOPOS.COM - Ilustrasi bakso. (Solopos-dok)

Solopos.com, SOLO – Saat hujan, cuaca akan berubah menjadi dingin dan berangin, tentunya ini akan membuat masyarakat rentan sakit. Sehingga, mengonsumsi makanan hangat agar suhu tubuh tetap terjaga sangat disarankan.

Biasanya makanan berkuah yang gurih dan lezat menjadi santapan menarik yang bisa dilakukan saat musim hujan. Melansir dari okezone.com belum lama ini, berikut rekomendasi makanan berkuah yang cocok dimakan saat hujan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bisa Bikin Stress Hingga Bunuh Diri, FSGI Minta Guru Kurangi Tugas Siswa

1.Rawon

Rawon adalah makanan berkuah hitam pekat khas Jawa Timur yang bisa menjadi pilihan santapan saat musim hujan. Kluwek yang digunakan untuk memberikan warna hitam pekat pada masakan ini merupakan biji yang berasal dari tanaman kepayang.

Di balik kepekatan warnanya, kluwek mengandung zat besi dan vitamin C yang dikenal sebagai sumber anti oksidan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak rentan sakit dan terserang virus. Tak hanya itu, kluwek memiliki sifat anti septik dan zat anti mikroba untuk menyehatkan sistem pencernaan dan menawar racun.

2.Soto

Soto, memang menjadi menu yang mudah jumpai di berbagai daerah di Indonesia dengan kekhasannya masing-masing. Pada dasarnya, soto dimasak menggunakan kunyit dan jahe. Jahe yang dimasak dengan campuran beberapa rempah lainnya memang sangat cocok jika disantap ketika cuaca sedang dingin atau hujan.

Jahe memiliki fungsi untuk menghangatkan tubuh serta memancing produksi keringat. Tak hanya itu, jahe juga mengandung anti inflamasi dan anti bakteri yang membantu mengatasi hidung tersumbat, mual, pilek, dan demam. Sedangkan, kandungan curcumin pada kunyit mampu meningkatkan resistensi sel terhadap kerusakan, infeksi, dan peradangan.

Dispar Bantul Raup Setengah Miliar Rupiah Lebih Selama Libur Cuti Bersama

3.Mi rebus

Salah satu mi yang cocok disantap ketika hujan adalah mie godhog atau mi rebus. Makanan khas Jawa Tengah ini selalu disajikan dalam kondisi panas. Mi berkuah tersebut dimasak dengan campuran rempah-rempah yang akan memberikan efek yang baik bagi kesehatan. Selain itu mi rebus dinilai sehat karena dilengkapi dengan aneka sayuran seperti kubis, sawi, tomat, serta suwiran ayam kampung rebus.

4.Bakso

Kuah bakso yang gurih dan lezat mampu menghangatkan tubuh dan sangat cocok di santap saat musim hujan yang dingin. Selain itu, kalian juga bisa menentukan berbagai jenis bakso sesuai dengan selera, seperti bakso polos, bakso urat, bakso telur, bakso tahu, pangsit dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya