SOLOPOS.COM - Masyarakat Bandung berjajar di tepi jalan depan Gedung Negara Pakuan menyaksikan iring-iringan mobil pembawa jenazah Eril dari Bandara Soekarno Hatta. (Tangkapan layar/YouTube Kompas TV)

Solopos.com, JAKARTA-Rombongan pembawa jenazah putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril tiba di rumah duka Gedung Negara Pakuan Bandung, Minggu (12/6) pukul 19.17 WIB.

Masyarakat antusias menyambut jenazah Eril di depan kawasan Gedung Negara Pakuan meski hujan cukup deras mengguyur Bandung. Aparat keamanan terlihat mengatur lalu lintas dan meminta warga menepi setelah iring-iringan mobil pembawa jenazah Eril terlihat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Masyarakat tetap berkerumun di depan kawasan Gedung Negara Pakuan meski pintu gerbang Gedung Negara Pakuan ditutup. Mereka menunggu Gedung Negara Pakuan dibuka untuk ikut mensalatkan jenazah Eril.

Baca Juga: Mandikan Jasad Eril, Ridwan Kamil: Masyaallah Masih Utuh, Rapi & Wangi

Ekspedisi Mudik 2024

Keluarga besar Ridwan Kamil mengizinkan masyarakat umum untuk melakukan takziah ke Gedung Negara Pakuan Bandung seusai acara keluarga inti. Ridwan Kamil dijadwalkan memimpin salat jenazah yang diikuti oleh keluarga besar.

“Setelah jam 10 malam hingga pagi (pukul 08.00 WIB) diizinkan untuk warga yang ingin melakukan takziah di Gedung Pakuan Bandung,” kata Erwin Maniruzman, kakak Ridwan Kamil di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (12/6/2022), seperti dikutip Antara.

Jenazah Eril diberangkatkan dari Lounge Cargo Jenazah Bandara Soekarno Hatta begitu tiba di Bandara Soekarno Hatta, Minggu (12/6) pukul 16.55 WIB melalui jalur darat. Jenazah tiba di Bandara Soekarno Hatta setelah melakukan perjalanan selama 17 jam dari Swiss.

Baca Juga: Eril akan Dimakamkan di Lahan yang Disiapkan untuk Islamic Center

Siaran langsung YouTube Kompas TV memberitakan perjalanan darat tersebut lebih cepat dari yang diperkirakan yaitu memakan waktu 2,5 hingga 3 jam. Jenazah Eril beserta rombongan diperkirakan sampai di Gedung Negara Pakuan Bandung pada pukul 20.00 WIB.

Jenazah Eril terlihat diantar menuju tempat persemayaman  dengan menggunakan mobil jenazah berwarna putih. Tampak kedua orang tua Eril, yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Atalia Praratya juga ikut menumpangi kendaraan yang sama.

Sebelum berangkat ke Gedung Negara Pakuan Bandung, Ridwan Kamil dan Atalia terlihat mendatangi awak media dan seraya membungkukkan badan mereka, seakan mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Jemput Jenazah Eril Tanpa Atalia, Hanya Ditemani Asisten

Sesampainya jenazah Eril tiba di Gedung Negara Pakuan Bandung, pihak keluarga akan segera melaksanakan salat jenazah yang dipimpin langsung oleh Ridwan Kamil.

Adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman menyampaikan persemayaman untuk umum akan dimulai pada pukul 22.00 WIB, Minggu (12/6/2022) hingga pukul 08.00, Senin (13/6/2022). Selanjutnya, jenazah Eril akan dikebumikan di lokasi pembangunan Islamic Center, Cimaung, Banjaran, Kabupaten Bandung pada pukul 11.00 WIB, Senin (13/6/2022).

Sejak diberitakan menjadi lokasi pemakaman Eril, proyek Islamic Center Baitul Ridwan milik keluarga Atalia Praratya banyak didatangi orang. Mereka menyaksikan para pekerja yang telah menyiapkan makam untuk Eril.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya