SOLOPOS.COM - Jembatan di Kecamatan Eromoko terendam air sungai, Kamis (11/11/2021) pagi. (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — Hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah Soloraya sejak termasuk Wonogiri sejak dini hari mengakibatkan dua jembatan di Kecamatan Eromoko terendam air sungai, Kamis (11/11/2021) pagi.

Menurut keterangan dari Camat Eromoko, Danang Erawanto, Kamis, jembatan yang terendam air sungai yang meluap itu adalah Jembatan di Sungai Malangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Disebutkan lebar Sungai Malangan mencapai 20 meter dengan kedalaman sekitar 3 meter. Jembatan selebar 3 meter tersebut menghubungan dua wilayah yakni Dusun Malangan, Desa Baleharjo dengan Desa Baleharjo, Kecamatan Giriwoyo.

Ekspedisi Mudik 2024

“Air mulai naik hingga menutupi jembatan sekitar pukul 06.00 pagi. Jembatannya tertutupi air hingga ketinggian satu meter,” ujar Danang dalam keterangannya kepada Solopos.com.

Baca Juga: Lowongan Perangkat Desa Diserbu, Segini Penghasilannya di Wonogiri

Luapan air juga menggenangi bantaran-bantaran hingga menyebabkan talut sungai ambrol. Dampak luapan Sungai Malangan juga menggenangi dapur dua rumah warga sekitarnya.

Selain itu, luapan air sungai juga menggenangi ladang warga seluas kurang lebih 1 hektare di Desa Baleharjo.

Akibat kejadian tersebut, lalu lintas warga sempat terganggu karena harus harus mencari jalur alternatif yang jaraknya cukup jauh. Hingga berita ini diunggah, air sungai sudah menyusut sehingga jembatan sudah bisa dilewati lagi.

Baca Juga: PT PP Percepat Pembangunan Jalan Relokasi Waduk Pidekso Wonogiri

Menurut keterangan Danang, peristiwa ini sudah sering terjadi terutama saat musim hujan dengan intensitas tinggi.

Untuk mengatasi luapan air Sungai Malangan, konon pernah dibuatkan dua saluran limpasan untuk mengurangi debit air. Namun katanya, salah satu saluran limpasan tersebut tidak berfungsi maksimal karena tertutup sampah batang pohon.

Selain jembatan Malangan, peristiwa serupa juga terjadi di Jembatan Sawit yang menghubungkan Dusun Mojosawit, Tawangharjo, Kecamatan Giriwoyo dengan Duwun Bawuh, Desa Minggarharjo, Eromoko. Namun air yang menggenangi Jembatan Sawit juga sudah surut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya