SOLOPOS.COM - Rumah salah satu warga di Kecamatan Matesih terdampak bencana alam hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Kamis (18/3/2021). (Istimewa/Dokumentasi Camat Matesih)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Bencana alam akibat hujan deras disertai angin kencang terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Karanganyar, Kamis (18/3/2021) sore WIB.

Pantauan Solopos.com, hujan mengguyur Kabupaten Karanganyar mulai pukul 16.00 WIB. Hujan kali pertama hanya sebentar tetapi cukup deras kemudian berhenti. Disusul hujan berikutnya tidak terlalu lama dari hujan kali pertama. Hujan kali kedua ini deras dan lebih lama. Hingga berita ini ditulis pukul 18.55 WIB hujan masih turun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Solopos.com mendapatkan informasi perihal hujan dan angin kencang terjadi di wilayah Kecamatan Matesih, Karanganyar. Camat Matesih, Ardiansyah, membenarkan informasi tersebut. Aan, sapaan akrabnya, menyampaikan petugas kecamatan dan desa sedang mendata kerusakan akibat angin kencang.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Ayo Mulai Siapkan Berkas Persyaratan, Seleksi CPNS dan PPPK Segera Dibuka

"Ini baru dipantau. Petugas masih keliliang ke lapangan. Belum semua data masuk. Sementara pohon tumbang di sejumlah lokasi. Misalnya di jalan dari arah Matesih-Karanganyar. Ada juga di beberapa lokasi di desa," tutur Aan saat dihubungi Solopos.com, Kamis.

Selain pohon tumbang, Aan juga menceritakan sejumlah atap rumah warga rusak karena genting terbawa angin kencang. Dia mencontohkan beberapa rumah warga di Desa Matesih, Desa Dawung, dan Desa Karangbangun.

"Enggak terlalu parah tetapi memang terjadi di beberapa lokasi. Itu atap rumah baja ringan lalu genting melorot. Sejauh ini tidak ada korban jiwa maupun kerugian harta benda. Angin kencang itu terjadi sekitar 10 menit sampai 15 menit mulai pukul 16.00 WIB. Angin mobat-mabit, angin ribut," tutur dia.

Pohon Tumbang

Sementara itu, Komandan Markas SAR Karanganyar, Arif Sukro Yunianto, menyampaikan Tim SAR Karanganyar menerima laporan dari masyarakat perihal pohon tumbang. Sukro, sapaan akrabnya, membenarkan pohon tumbang terjadi di sejumlah lokasi di Karanganyar.

Baca Juga: Top 3 Warga Soloraya Penyuka Gorengan: Wonogiri, Sukoharjo & Sragen

Dampak pohon tumbang tersebut menimpa rumah warga, kendaraan yang melintas jalan raya Solo-Karangpandan tepatnya di Kelurahan Popongan, Kecamatan Karanganyar, dan menyangkut di kabel listrik di depan SDN 03 Kalijirak.

"Laporan masyarakat ada beberapa tempat terjadi pohon tumbang. Ada yang kena rumah, ada yang kena mobil saat melintas. Semua bisa dikondisikan. Info yang saya terima itu di barat SMPN 3 Karanganyar, depan SDN 03 Kalijirak, lalu barat lapangan Matesih. Tidak ada yang parah," ungkap dia saat dihubungi Solopos,com, Kamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya