SOLOPOS.COM - Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunung Kidul, Surisdiyanto. (Antara)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Puluhan gazebo di Pantai Sepanjang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengalami kerusakan parah akibat hujan deras disertai angin kencang pada Senin (20/12/2021) pukul 06.00 WIB.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunung Kidul, Surisdiyanto, menyampaikan labih dari 50 unit gazebo yang digunakan berjualan pedagang kreatif lapangan (PKL) rusak parah. “Berdasarkan laporan tim di lapangan, lebih dari 50 gazebo biasanya untuk berjualan pedagang kreatif lapangan rusak parah. Tim masih mendata total kerugian di Pantai Sepanjang,” kata Surisdiyanto, seperti dilansir Antara, Senin.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : Akhirnya! Ada Teriakan Dukungan Suporter Persis Solo ke Coach Eko

Ia mengatakan kerusakan masing-masing gazebo lebih dari 80 persen. Atap gazebo PKL di Pantai Sepanjang terbuat dari asbes itu rusak. Surisdiyanto memastikan kejadian itu tidak menyebabkan korban jiwa.

“Sampai saat ini tidak ada korban jiwa karena kondisi hujan disertai angin jadi masih sepi. Pedagang belum ada yang datang berjualan. Kami masih melakukan pendataan untuk bahan kajian dan langkah selanjutnya,” jelas dia.

Baca Juga : Panas! Kisruh Satgas BLBI vs Tommy Soeharto Soal Utang Rp2,6 Triliun

Hujan disertai angin kencang juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang sehingga menutup akses dari Pantai Sepanjang ke Pantai Nglolang. “Kami berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] untuk membantu menyingkirkan pohon tumbang karena menutup akses jalan. Supaya kendaraan wisatawan dapat lewat,” ungkapnya.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki, mengungkapkan tim reaksi cepat (TRC) sudah berada di lokasi untuk mengevakuasi pohon tumbang. “Kami sudah mengirim Tim TRC ke lokasi untuk segera membersihkan pohon tumbang. Juga membantu kerja bakti membersihkan puing di Pantai Sepanjang,” ujar Edy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya