SOLOPOS.COM - Hujan yang terjadi di Solo menyebabkan genangan banjir hingga masuk ke kamar napi Rutan Solo, Jumat (11/2/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Hujan lebat yang mengguyur Solo pada Jumat (11/2/2022) menyebabkan genangan banjir hingga masuk ke dalam sel Rutan Kelas I Solo. Sebanyak 28 kamar warga binaan terdampak atas kejadian itu.

Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Solo, Bahtiar Oktaffiandi, mengatakan dengan intensitas hujan yang tinggi, pada Jumat sore, air mulai menggenang dan sampai masuk kamar warga binaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Benar, air masuk ke kamar, ketinggian sekitar 15 cm, atau semata kaki. Itu di kamar dengan titik terendah. Padahal posisi lantai kamar dengan permukaan tanah itu sudah ada jarak,” katanya, Jumat.

Baca Juga: Peta Banjir Solo Bergeser, Giliran Laweyan dan Serengan yang Langganan

Genangan banjir berdampak pada hampir semua kamar napi Rutan Kelas I Solo. Total ada sekitar 28 kamar yang terdampak dengan ketinggian air yang beragam.

Menurutnya kondisi tersebut merupakan kejadian pertama dalam dua tahun terakhir. “Dulu pernah, sekitar dua atau tiga tahun lalu. Kalau banjir dengan kondisi yang cukup besar seperti ini ya baru terjadi kali ini sejak dua tahun terakhir,” lanjutnya.

Baca Juga: Pasar Legi Solo Banjir, Pedagang: Ngarep Kios Banyune Gumrojog Lur!

Gorong-Gorong Kali Pepe

Selain intensitas hujan yang tinggi, genangan di dalam rutan biasanya juga didukung kondisi saluran pembuangan yang menuju Kali Pepe. “Saluran gorong-gorong mengarah ke Kali Pepe, sudah rutin kami bersihkan. Posisi kamar hunian memang di belakang dan posisinya rendah. Kalau Kali Pepe meluap, air justru kembali ke dalam rutan,” jelasnya.

Bahtiar menyampaikan saat terjadi banjir di Rutan Solo masih berlaku jam buka kamar. Dengan begitu para warga binaan dapat mengevakuasi barangnya sendiri ke tempat yang aman.

Baca Juga: 100-An Rumah di Todipan Purwosari Solo Kebanjiran, Gibran Minta Maaf

Di sisi lain, kondisi genangan air yang ada di lokasi-lokasi tertentu di luar kamar, bisa mencapai lutut orang dewasa. Namun setelah hujan reda, berangsur genangan di dalam rutan juga surut.

Sementara itu, hujan deras yang berlangsung Jumat siang juga membuat sejumlah ruas jalan tergenang. Salah satunya Jl Dr Cipto Mangunkusumo sebelah timur Solo Paragon Mall. Berdasarkan rekaman video yang diterima Solopos.com dari warga yang kebetulan lewat di lokasi, genangan air cukup tinggi di kawasan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya