SOLOPOS.COM - Kondisi di Desa Balong, Gantiwarno, Klaten (Ivan Andimuhtarom/JIBI/SOLOPOS)

Kondisi di Desa Balong, Gantiwarno, Klaten (Ivan Andimuhtarom/JIBI/SOLOPOS)

KLATEN — Hujan lebat yang mengguyur Klaten sejak Rabu (2/1/2013) siang, menyebabkan pemukiman warga di Dukuh Balong Wetan dan Balong Kulon, Desa Kragilan, Kecamatan Gantiwarno, terkepung air. Kondisi ini membuat akses transportasi mereka ke wilayah luar terganggu.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Seorang warga RT 003/ RW 007, Dukuh Balong Kulon, Saminugiyem, 80, ketika ditemui Solopos.com, Kamis (3/1/2013), mengatakan rumahnya adalah satu-satunya rumah yang sejak Sabtu (29/12/2013) lalu tergenang air cukup tinggi. Selama beberapa hari ini, ia menginap di rumah tetangganya.

“Kemarin Selasa air sudah turun. Air yang masih ada di rumah saya buang ke luar. Eh, tiba-tiba siang harinya hujan deras. Langsung saja air masuk dengan deras. Saya pun kembali ke rumah tetangga saya,” ujarnya.

Ia juga mengatakan merasa khawatir dengan aliran listrik yang masih mengalir ke jaringan kabel di rumahnya. Namun, ia mengaku menjalani hal itu dengan wajar. Pasalnya, kejadian ini bukan kali pertama dialaminya, melainkan telah belasan tahun lamanya rumah Saminugiyem kebanjiran.

Kadus II Kragilan, Mulyoto, 38, mengatakan sedikitnya terdapat 42 keluarga di Balong Kulon. Sedangkan di balong Wetan, menurutnya terdapat 62 keluarga. Kondisi yang saat ini menimpa dua dukuh tersebut, menurutnya baru awalan saja. Kalau besok ada hujan lebih deras, ia memastikan air yang menggenangi wilayah ini akan lebih banyak.

“Karena selalu gagal panen, sebagian warga beralih pekerjaan menjadi kuli bangunan. Sebagian ada juga yang merantau ke Kalimantan atau daerah lain,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya