SOLOPOS.COM - Warga bergotong royong membersihkan lantai kelas dari lumpur akibat banjir di SDN 1 Cangkringan, Banyudono, Minggu (14/11/2021).(Cahyadi Kurniawan/Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI — Hujan deras yang mengguyur kawasan Boyolali pada Sabtu (13/11/2021) siang mengakibatkan banjir di sebagian wilayah Desa Cangkringan. Banjir juga merobohkan pagar SDN 1 Cangkringan, Kecamatan Banyudono.

Penjaga sekolah SDN 1 Cangkringan, Sri Widodo, menceritakan hujan deras terjadi pada pukul 14.00 WIB. Akibatnya, saluran air di dekat sekolah meluap. Air luapan ini mengalir deras yang mengakibatkan pagar sepanjang 10 meter dengan tinggi 2 meter roboh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Biasanya hujan tapi enggak sederas kemarin. Saluran irigasi tidak kuat menampung air akibatnya meluap. Airnya kencang sehingga pagar roboh dan air masuk ke kelas,” kata Widodo saat ditemui wartawan di SDN 1 Cangkringan, Desa Cangkringan, Kecamatan Banyudono, Minggu (14/11/2021).

Baca Juga: Kepala Dinkes Boyolali: Jangan Terlena, Tetap Taat Prokes Ya!

Ia mengatakan dinding pagar itu termasuk bangunan lama meski masih kokoh. Dinding dibuat dengan fondasi cor bertulang.

“Untungnya pas kejadian enggak ada anak-anak main di sekitar tembok. Biasanya kalau hujan banyak anak main di sana,” ujar dia.

Kini, saluran irigasi yang sempat meluap itu terlihat mendangkal akibat lumpur dan sampah dari hulu. Di sekitar saluran irigasi lumpur licin masih tersisa di halaman rumah dan sekolah. Material seperti batu, batu bata, dan pasir juga berserakan.

Baca Juga: Sisir Kepemilikan Dokumen Adminduk, Disdukcapil Boyolali Jemput Bola

Guru SDN 1 Cangkringan, Sri Surasmi, mengatakan air luapan dari saluran irigasi menggenangi sekolah setinggi hampir selutut orang dewasa. Air masuk ke kelas-kelas termasuk perpustakaan, ruang guru, dan aula. Lumpur di kelas ini segera dibersihkan begitu air surut sekitar pukul 19.00 WIB.

“Buku-buku perpustakaan rusak. Saya juga menaikkan CPU [central processing unit] dari lantai ke meja. Sebab, semua data sekolah ada di CPU,” kata dia.

Ia menuturkan SDN 1 Cangkringan pernah juga kebanjiran beberapa tahun yang lalu. Namun, situasi banjir tidak sampai merobohkan dinding pagar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya