SOLOPOS.COM - Ilustrasi arus lalu lintas teradang banjir (JIBI/Soilopos/Dok.)

Solopos.com, SUKOHARJO – Sejumlah ruas jalan di wilayah Solo Baru, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo tergenang air dengan ketinggian 20 sentimeter (cm). Genangan air terjadi saat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut pada Sabtu (17/4/2021) malam.

Bahkan durasi genangan air ini cukup lama, yakni terjadi hingga Minggu (18/4/2021) dini hari. Salah satu warga Balakan, Desa Kenokorejo, Kecamatan Polokarto, Gustian Ibnu Tri Pambudi, yang melintas di kawasan Solo Baru saat Sabtu malam mengungkapkan genangan air parah terjadi di depan Hartono Mal, sekitaran Atrium.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Ketinggian genangan air sampai 20 sentimeter. Padahal biasanya kawasan Solo Baru tidak pernah separah ini, tapi tadi malam cukup parah genangan airnya dan sangat lama," kata dia kepada Solopos.com, Minggu.

Dia mengaku saat itu melintas di kawasan Solo Baru sekitar pukul 23.00 WIB. Namun lantaran hujan sangat deras dan disertai angin, dia sempat menunggu hujan reda hingga Minggu dini hari. Saat pulang itulah kondisi genangan air masih cukup tinggi terjadi di depan Hartono Mal dan sekitaran Atrium. Kondisi sama juga terjadi di selatan The Park Solo Mal Solo Baru. Hanya saja ketinggian air tidak terlalu parah, yakni 10 sentimeter.

"Tidak tahu pasti terjadi genangan air parah saat malam itu. Apa karena hujan yang terlalu deras dan lama atau bagaimana. Yang jelas sudah lama sekali kawasan Solo Baru tidak pernah ada genangan air yang tinggi," katanya.

Baca juga: Sengsu: Proses Seekor Anjing Jadi Olahan Kuliner di Kota Solo

Penyebab

Camat Grogol Bagas Windaryatno mengatakan genangan air di sejumlah ruas jalan di kawasan Solo Baru terjadi karena inlet saluran air banyak tertutup sampah. Kondisi ini pun telah dilaporkan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo. Harapannya agar dilakukan pembersihan sehingga saluran air bisa berjalan optimal.

"Gangguan saluran air karena mungkin tertutup sampah. Air hujan yang harusnya masuk ke saluran air menjadi terhambat dan menyebabkan genangan di jalan raya," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya