SOLOPOS.COM - Petugas menyingkirkan material pohon tumbang di Jl. Nusakambangan, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (24/12/2021). (Antara)

Solopos.com, MALANG — Wilayah Malang Raya yang terdiri atas Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu, pada Jumat (24/12/2021) diguyur hujan lebat disertai angin kencang. Dampak yang ditimbulkan dari cuaca buruk itu, puluhan rumah rusak dan sejumlah pohon tumbang di beberapa wilayah.

Di Kabupaten Malang, ada sedikitnya 38 rumah warga di Desa Pandasarilor, Kecamatan Jabung yang rusak akibat diterpa angin kencang yang terjadi pada pukul 13.00 WIB tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ada laporan kerusakan 38 unit rumah di Desa Pandansarilor, Kecamatan Jabung. Saat ini masih dilakukan pendataan oleh tim BPBD Kabupaten Malang, masih di lapangan,” kata pelaksana tugas Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Irawan.

Baca Juga: Angin Kencang Singkap Atap Rumah Warga Matesih Karanganyar

Dari 38 rumah tersebut, satu di antaranya mengalami rusak parah, 4 rusak sedang, sisanya rusak ringan. Sekitar 154 keluarga terdampak. Sementara jumlah kerugian, diperkirakan mencapai Rp22,5 juta. Perbaikan sementara sudah dilakukan oleh tim BPBD Kabupaten Malang dan elemen terkait termasuk warga.

Rumah rusak akibat hujan deras disertai angin kencang juga dilaporkan terjadi di Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Di desa tersebut, ada dua rumah yang dilaporkan mengalami kerusakan.

“Satu rumah rusak berat dan satu lainnya rusak ringan. Kerugian diperkirakan sampai Rp200 juta. Saat ini dilakukan koordinasi untuk pembersihan dan pemotongan pohon tumbang,” katanya.

Baca Juga: Tragis, Bocah 12 Tahun di Blitar Meninggal Tertimpa Dahan Pohon

Pohon Tumbang

Sementara di wilayah Kota Malang, BPBD Kota Malang mencatat ada sebanyak 12 pohon tumbang yang salah satunya menyebabkan adanya korban luka-luka. Selain itu juga dua bangunan rusak.

“Terjadi cuaca ekstrem untuk wilayah Kota Malang yakni hujan lebat disertai angin kencang, ada puluhan pohon tumbang, yang salah satunya menyebabkan korban luka,” kata Kepala BPBD Kota Malang, Alie Mulyanto.

Alie menjelaskan kejadian pohon tumbang terjadi di Jl. Letjend Sutoyo, Kecamatan Klojen; Jl. Bandung, Kecamatan Klojen; Jl. Industri Barat, Kecamatan Blimbing; Jl. Bungur, Kecamatan Lowokwaru, dan Jl. Yulius Usman, Kecamatan Klojen.

Baca Juga: Ini Foto-Foto Dampak Angin Kencang di Grobogan, Sejumlah Pohon Tumbang

Pohon tumbang juga terjadi di Jl. Nusakambangan, Jl. Ade Irma Suryani, Jl. Kedondong, Kecamatan Klojen; di sekitar Pasar Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang; Taman Indragiri, Kecamatan Blimbing; dan Jl. Bunga Truli, Kecamatan Lowokwaru.

“Kemudian di depan Kantor Pos Gadang, Kecamatan Sukun. Ada korban luka, seorang pengendara,” katanya.

Sementara itu, di wilayah Kota Batu, juga dilaporkan terjadi bencana pohon tumbang yakni di Jalan Raya Punten Kecamatan Bumiaji dan Jalan Sultan Agung Kecamatan Batu, Kota Batu. Pohon tersebut tumbang akibat hujan dan angin kencang.

“Hujan dengan intensitas tinggi dan disertai angin kencang, mengakibatkan sejumlah pohon tumbang di beberapa lokasi. Kejadian kurang lebih pada pukul 13.00 WIB,” kata Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu.

Baca Juga: Hujan dan Angin Kencang Landa Grobogan, Pohon Tumbang Timpa Rumah

Para pengguna jalan dan masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan pada saat berkendara, terutama pada saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan disertai angin kencang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya