SOLOPOS.COM - Salah satu ruas jalan di Ngargoyoso, Karanganyar, yang longsor pada Minggu (13/12/2020). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Bencana alam tanah longsor melanda lima desa wilayah Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Minggu (13/12/2020).

Kelima desa itu, yakni Nglegok, Jatirejo, Ngargoyoso, Kemuning, dan Puntukrejo. Tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian itu. Data yang Solopos.com himpun dari berbagai sumber, bencana alam tanah longsor terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mayoritas bencana alam tanah longsor itu menimpa akses jalan dan rumah warga. Camat Ngargoyoso, Karanganyar, Dwi Cahyono, menyampaikan akan melakukan kerja bakti membersihkan bekas tanah longsor pada Senin (14/12/2020).

Tinggalkan Motor, Laki-Laki Misterius Diduga Loncat ke Sungai Bengawan Solo dari Jembatan Jurug

"Di Dusun Ngiyono, Desa Nglegok, itu talut tebing belakang rumah longsor. Tidak kena rumah dan tidak ada kerusakan hanya material masuk ke area dapur," ujar Dwi kepada Solopos.com melalui telepon, Minggu.

Dwi menambahkan di Dusun Pondok, Desa Jatirejo, talut longsor menutupi jalan kampung ke arah Waduk Gondang. Dwi membagikan data lokasi lain terdampak bencana alam tanah longsor, yakni empat titik meliputi Dukuh Melikan, Dukuh Cale, dan Dukuh Sekucing.

Di Dukuh Melikan, Ngargoyoso, Karanganyar, tanah longsor menimpa bagian belakang rumah. Lalu di Dukuh Cale, tanah longsor menimpa bagian belakang rumah perangkat desa setempat, yakni Sekretaris Desa, Sunarto.

Bengawan Solo Meluap, 12 Rumah Warga Kampung Putat Tergenang

Paling Parah

Di Dukuh Sekucing, tebing yang belum dipasangi talut longsor. Material longsor mengenai belakang rumah warga. "Kondisi paling parah di Dukuh Sekucing. Volume tanah cukup banyak yang masuk ke rumah. Lokasi terakhir Dukuh Tlobo, ada tebing dekat jalan yang longsor dan mengenai jalan Dukuh Tlobo," tuturnya.

Sementara itu, di Dusun Sumbergede, Desa Kemuning, material longsor menutup akses jalan Dukuh Sumbergede. Menurut Dwi, material longsor sudah dibersihkan karena tebing berada di tepi jalan. Jalan Dusun Drojo, Desa Puntukrejo terkikis. Material longsor mengarah ke rumah warga desa di Ngargoyoso, Karanganyar, itu.

Saluran Irigasi Meluap, Air Banjiri Jalan Raya Matesih-Tawangmangu Karanganyar

"Belum sampai kena rumah warga. Tetapi patut diwaspadai. Rencana pembersihan material pada Senin pagi. Kami mewaspadai longsor susulan apabila nekat membersihkan bekas tanah longsor malam ini," tuturnya.

Selain itu, Dwi menyampaikan jalan sejumlah desa Kecamatan Ngargoyoso juga tergenang air. Menurutnya, kondisi itu terjadi karena air dari saluran irigasi meluap. "Kondisi saat ini [pukul 21.00 WIB], air sudah surut."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya