SOLOPOS.COM - Petugas BPBD Kabupaten Madiun saat melihat rumah di Desa Klumutan, Kecamatan Saradan yang kemasukan air banjir, Selasa (29/12/2020). (Istimewa/BPBD Madiun)

Solopos.com, MADIUN -- Ratusan rumah di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, kebanjiran setelah diguyur hujan deras selama empat jam, Selasa (29/12/2020) sore hingga malam. Di beberapa lokasi ketinggian air mencapai 1,5 meter.

Ratusan rumah yang kebanjiran itu berlokasi di Desa Klumutan, Kecamatan Saradan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madiun, Muhamad Zahrowi, mengatakan hujan paling deras terjadi di wilayah Gunung Pandan. Hingga akhirnya aliran air dari Gunung Pandan meluap dan masuk ke permukiman warga di Desa Klumutan. Terdata ada ratusan rumah yang terendam air banjir.

Rp21 Miliar di 2021 untuk Lengkapi Fasilitas IGD Terpadu RSUD Caruban Madiun

"Yang paling parah di Desa Klumutan, Saradan. Di sana ketinggian air mencapai 150 cm," ujarnya, Rabu (30/12/2020).

Sebanyak 500 warga Desa Klumutan terpaksa mengungsi saat air mulai tinggi dan masuk rumah. Sebagian mengungsi di lokasi yang lebih tinggi dan beberapa tempat yang disiapkan seperti musala.

"Selain di Desa Klumutan, banjir juga menerjang Desa Sumbersari, Kecamatan Saradan dan Desa Kedungmaron, Kecamatan Pilangkenceng dengan ketinggian air antara 30 cm," jelasnya.

Selama 2020, Total Ada 110 Korban Kecelakaan Meninggal Dunia di Madiun

Kondisi terkini, air sudah surut dan warga yang mengungsi telah kembali ke rumah masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya