Hujan Deras, 2 Rumah Warga Sleman Kebanjiran Luapan Sungai Perengan

Hujan deras yang mengguyur Sleman menyebabkan air Sungai Perengan meluap. Akibatnya, dua rumah warga kebanjiran.
SHARE
Hujan Deras, 2 Rumah Warga Sleman Kebanjiran Luapan Sungai Perengan
SOLOPOS.COM - Ilustrasi bencana banjir (Sumber: Antaranews.com)

Solopos.com, SLEMAN — Air Sungai Perengan di Kalurahan Donoharjo, Kapanewon Ngaglik, Sleman meluap setelah diguyur hujan deras, Rabu (19/1/2022). Hal ini berdampak pada banjir yang merendam dua rumag warga setempat. Ketinggian air mencapai lutut orang dewasa.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan, mengatakan hujan yang turun sejak Rabu siang berdampak pada meluapnya air Sungai Perengan sekitar pukul 14.45 WIB. “Hujan deras disertai dengan angin kencang mengakibatkan air sungai meluap. Dua rumah warga tergenang karena posisinya berada di cekungan tanah,” katanya.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Rumah warga yang sempet tergenang air, katanya berada di Dusun Gondang Lutung RT 3 RW 19 Donoharjo, Ngaglik. Masing-masing milik Ngatini (1 keluarga dengan 2 anggota) dan Sasmito Hadi (1 keluarga dengan 4 anggota) beserta indekos yang berisi dua penyewa.

Baca Juga: Sampah Menumpuk di Bendung Soka, Warga Waswas Kebanjiran Lagi

“Tim langsung menyedot air menggunakan pompa, membersihkan lumpur yang masuk ke dalam rumah. Saat ini sudah terkondisikan,” katanya.

Selain di Ngaglik, dampak hujan disertai angin kencang juga mengakibatkan pohon sengon tumbang menimpa jaringan kabel listrik di Bulus Tempel, Candibinangun, Pakem. Beberapa kasus pohon tumbang juga dilaporkan terjadi di Karangasem RT 01 RW 16, Pandowoharjo Sleman, dan Dukuh, Donokerto, Turi.

“Di Jetis Jogopaten RT 02 RW 30 Pandowoharjo Sleman, Kali Doso meluap ke sawah dan ke jalan. Itu mengakibatkan sayap jalan setinggi 0,5 sepanjang 3 meter tergerus air,” katanya.

Baca Juga: Langganan Banjir, Desa Tanjungsari Wonogiri Dipasangi EWS

Tidak hanya itu, Krandon RT 01 RW 43 Pandowoharjo, Sleman, talut sepanjang 50 meter ambrol menutup selokan.

“Hingga saat ini, perbaikan talut tersebut belum dapat dikondisikan. Tidak ada korban jiwa dari dampak hujan angin hari ini. Untuk warga rumahnya tergenang air juga mendapatkan bantuan logistik dan non logistik,” ujar Makwan.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago