SOLOPOS.COM - Petugas BPBD Sukoharjo bersama warga mengevakuasi pohon tumbang diterjang hujan dan angin kencang di Weru, Minggu (31/1/2021) sore. (Istimewa/BPBD Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Enam batang pohon jati tumbang akibat hujan disertai angin kencang yang menerjang tiga desa wilayah Kecamatan Weru, Sukoharjo, Minggu (31/1/2021) sore.

Selain menutup akses jalan, pohon tumbang juga mengenai beberapa rumah warga. Hingga berita ini diunggah, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo masih bekerja mengevakuasi dan membersihkan pohon yang tumbang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala BPBD Sukoharjo Sri Maryanto mengatakan hujan deras dan angin kencang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Berdasarkan data sementara, pohon tumbang terjadi di wilayah Dukuh Beran, Desa Karangnyar. Kemudian juga di Dukuh Kalisige, Desa Karakan, dan Desa Sawahan, Kecamatan Weru.

Baca Juga: Warga Gayam Sukoharjo Diteror Tawon Vespa Gara-Gara Hancurkan Sarangnya

"Pohon tumbang ada yang melintang di jalan kampung. Ada laporan juga mengenai rumah warga," ujarnya kepada Solopos.com, Minggu sore.

Saat ini petugas BPBD Sukoharjo masih menyisir lokasi terdampak angin kencang soal kemungkinan adanya pohon lain yang tumbang dan rumah yang rusak. Jaringan aliran listrik terdampak angin kencang dimatikan karena beberapa pohon tumbang juga mengenai kabel milik PLN.

Baca Juga: Sudah 4 Hari, Proses Evakuasi Longsor di JLS Wonogiri Diharapkan Segera Rampung

Kerugian

Dari laporan sementara ada enam pohon jati usia sekitar 15 tahun hingga 20 tahun tumbang. Perinciannya, empat pohon jati milik Gino, warga Dukuh Beran, Desa Karanganyar, dan sisanya pohon jati milik Kayat, warga Dukuh Kalisige, Desa Karakan.

"Evakuasi pohon tumbang dilakukan petugas dengan memotong menggunakan gergaji mesin. Termasuk yang kena ke rumah warga," katanya.

Baca Juga: Jembatan Penghubung Paranggupito Wonogiri dan Sadeng Gunung Kidul Putus

Sejauh ini belum diketahui berapa kerugian dari pohon tumbang maupun rumah rusak akibat hujan deras dan angin kencang di Sukoharjo itu. Petugas BPBD masih menyisir dan menginventarisasi kerusakan akibat hujan disertai angin kencang. "Belum dilaporkan ada korban ada kejadian ini," katanya.

Ia mengingatkan warga agar meningkatkan kewaspadaan saat hujan disertai angin kencang. Warga diminta tidak berteduh di bawah pepohonan saat hujan dan angin kencang. Warga diminta berteduh dan berlindung di tempat aman seperti bangunan permanen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya