SOLOPOS.COM - Warga dan sukarelawan bergotong-royong membersihkan material longsor di Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Minggu (10/4/2022). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (10/4/2022) sore membuat sejumlah bangunan di Desa Girimulyo longsor.

Camat Ngargoyoso, Wahyu Agus Pramono, mengonfirmasi kejadian tersebut. Menurutnya, hujan deras mengguyur wilayah Ngargoyoso selama dua hingga tiga jam. “Hujan cukup deras dan lumayan lama Minggu sore. Sekitar dua hingga tiga jam sehingga ada tebing atau talut yang longsor,” ujarnya, Minggu malam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : Hujan Lebat, Sejumlah Dusun di Ngargoyoso Diterjang Tanah Longsor

Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Berdasarkan laporan dari pemerintah Desa Girimulyo, Camat menyebutkan bahwa yang terdampak hujan deras adalah tebing di dekat rumah Hadigino di Dusun Salam. Tebing mengalami longsor.

Material longsoran menimpa pekarangan dan sedikit sebagian atap dapur milik Kariyo Sapar. Berikutnya, talut pekarangan Sularso di Dusun Gadungan yang ambrol. “Luasan talut yang ambrol ini panjang 5 meter dan tingginya 3 meter,” ujar Camat.

Baca Juga : Rawan Longsor, Warga 5 Desa di Ngargoyoso Karanganyar Ini Wajib Waspada

Selain itu, tebing di Dusun Nglorog juga mengalami longsor dan menimpa jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Karanganyar. Material longsor cukup banyak sehingga menutup akses jalan sehingga sempat tidak bisa dilewati selama 40 menit.

Namun, warga dan sukarelawan setempat bergotong royong menyingkirkan material tanah longsor agar jalan bisa dilewati kembali. “Sempat menutup akses jalan sekitar 40 menit. Tapi langsung diatasi sukarelawan dan warga dengan bergotong-royong mengevakuasi timbunan longsor,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya