SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi menikmati Pulau Pianemo, Raja Ampat, Jumat (1/1/2016). (Istimewa/@jokowi)

Hubungan bilateral Indonesia dan Timor Leste diperkuat dengan kunjungan Jokowi ke negara tersebut.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah Indonesia berkomitmen menjadi mitra utama bagi Timor Leste dalam melakukan pembangunan berbagai sektor di negara tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tim Komunikasi Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan Pemerintah Indonesia dan Timor Leste merasakan hubungan dan kerja sama yang semakin kuat. Hal itu membuat Indonesia memastikan sebagai mitra utama dalam pelaksanaan pembangunan Timor Leste.

Ekspedisi Mudik 2024

“Presiden menegaskan komitmen Indonesia sebagai mitra utama pembangunan di Timor Leste, dan dalam meningkatkan kerja sama di berbagai bidang,” kata Ari  di Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Ari menuturkan Indonesia dan Timor Leste merupakan negara tetangga yang bersahabat dan bersaudara, karena memiliki ikatan sejarah yang kuat. Letak geografis yang berbatasan langsung dan kesamaan budaya di antara kedua negara juga menopang hubungan antarpemerintahan serta masyarakatnya.

Menurut Ari, Presiden Jokowi juga memastikan akan terus menjngkatkan persahabatan dan persaudaraan yang terjalin antara Indonesia dengan Timor Leste.

Penganugerahaan the Grand Collar of the Order of Timor Leste kepada Presiden Jokowi juga akan dimanfaatkan sebagai momentum untuk menggenjot kerja sama yang saling menguntungkan bagi kedua negara.

“Presiden menyampaikan penghormatannya atas bintang jasa yang diberikan kepada dirinya, dan hal itu menjadi tanggung jawab besar untuk menjaga persahabatan kedua negara,” ujar dia.

Kunjungan pertama Presiden Jokowi ke Timor Leste dilakukan untuk memperkuat kerja sama perdagangan, investasi, energi, dan pembangunan infrastruktur antara kedua negara. Kunjungan tersebut juga dilakukan untuk meminta komitmen Pemerintah Timor Leste dalam percepatan penyelesaian masalah perbatasan negara.

Menurut Ari, akan ada lima nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Indonesia dan Timor Leste, yakni kerja sama pemuda dan olahraga, kerja sama kearsipan, kerja sama klimatologi dan geofisika, kerja sama search and rescue atau SAR, dan kerja sama bidang energi, petroleum, serta sumber daya mineral

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya