SOLOPOS.COM - Ilustrasi chipset Huawei. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Huawei berupaya keras untuk keluar dari baying-bayang Google. Saat meluncurkan flagship P40, Huawei memperkenalkan Huawei Mobil Service (HMS) tandingan Google Mobile Service (GMS)

CEO Huawei Consumer Business, Richard Yu, Kamis (26/3/2020), mengatakan bahwa HMS yang antara lain berisi AppGallery (saingan Google Play Store), Huawei Video, Huawei Music, dan Huawei Wallet kini punya 400 juta pengguna aktif per bulan di 170 negara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Andalkan Kualitas Foto, Huawei P40 Pakai Kamera 108Mp

Yu juga mengklaim bahwa kini ada 1,3 juta developer yang membawa aplikasi, game, dan peranti lunak lainnya ke AppGallery. Juga diklaim bahwa mitra global dan lokal di Tiongkok akan terlibat untuk memproduksi konten khusus bagi para pengguna ponsel Huawei.

Dalam peluncuran Huawei P40, Yu menunjukkan contoh konten yang diproduksi oleh perusahaan media Inggris seperti The Sunday Times, News UK, dan Talksport.

Untuk video, Huawei bermitra dengan Universal Pictures, Sony Pictures Entertainment, Paramount, BBC Studios, dan konten premium lain dari Barat. Sementara soal musik, Huawei akan antara lain berkolaborasi dengan Warner Music Group, Sony Music, dan Universal Music Group.

Tak Bisa Pakai Google, Begini Nasib Smartphone Huawei

Huawei kini sedang dalam posisi terpojok setelah pemerintah Presiden Donald Trump melarang semua perusahaan di Amerika Serikat untuk berbisnis dengan raksasa teknologi asal China itu.

AS menuduh Huawei memiliki kaitan dengan pemerintah China dan bahwa produk-produknya digunakan Beijing untuk memata-matai negara lain. Tudingan ini selalu dibantah oleh Huawei.

Alhasil Google kini tak bisa lagi mengizinkan layanannya digunakan oleh Huawei, termasuk aplikasi-aplikasi dari GMS. Beberapa ponsel Huawei, termasuk keluarga P40 tidak dibekali dengan GMS.

Sidak Karyawan China di Huawei Indonesia Terduga Kena Virus Corona, Menkes: Flu Biasa!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya