SOLOPOS.COM - Pengunjung hotel terlihat duduk di depan halaman hotel setelah mengamankan diri dari insiden kebakaran, Sabtu (18/6/2022) malam. (Dickri Tifani Budi)

Solopos.com, SEMARANG – Kebakaran melanda panel listrik di salah satu Hotel Tentrem yang berada di Jl. Gajahmada, Kelurahan Pekunden, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (18/6) sekira pukul 19.30 WIB.

Kebakaran terjadi di panel listrik yang berada di kamar nomor 1109 diduga disebabkan oleh hubungan arus pendek atau korsleting listrik.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Kebakaran di Hotel Tentrem tersebut membuat panik pengunjung lantaran ada pesta ulang tahun di lantai 5.

Komandan Tim 2 Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Kusdiyanto, mengatakan kebakaran yang melanda di hotel ternama di Kota Semarang itu terjadi sekitar pukul 19.30 WIB.

Baca Juga: Segera Hadir di Alam Sutera, Hotel Tentrem Pertahankan Budaya Lokal

Saat itu, pihaknya mendapatkan laporan dari pihak hotel bahwa ada kepulan asap dari panel listrik di kamar lantai 11.

Kemudian, pihaknya menerjunkan empat unit mobil pemadam kebakaran dan sebanyak 25 personel untuk memadamkan api.

“Sekitar pukul 19.30, salah satu manajer telepon Damkar Semarang bahwa di lantai 11 ada kepulan asap dari panel listrik yang berada di kamar hotel nomor 1109 yang diduga hubungan arus listrik pendek. Dan api padam sekitar kurang lebih pukul 20.20 WIB,” ujarnya saat ditemui Solopos.com, Sabtu malam.

Baca Juga: Proyek Hotel Tentrem Semarang Terbakar

Beruntung, insiden kebakaran yang terjadi di Hotel T tersebut tidak memakan korban.

“Korban sementara tidak ada, “ungkapnya.

Selain itu, Kusdiyanto menjelaskan saat pihaknya melakukan pemadaman api di hotel itu. Ia mengaku, armada Damkar di tinggal di depan halaman hotel karena lokasinya kejadian berada di lantai 11.

Baca Juga: Segera Hadir di Alam Sutera, Hotel Tentrem Pertahankan Budaya Lokal

Lalu, para petugas menggunakan bantuan alat hydrant dan springkle.

“Armada tidak digunakan ditinggal di sini (halaman hotel), naik menggunakan hydrant milik pihak hotel. Di sana (kamar), alat springkle langsung hidup dalam satu ruangan basah semua. Soalnya alat itu ketika kena panas pecah lalu keluar air, “ jelasnya.

Sementara, salah satu pengunjung hotel bernama Subiyanto, 57, merasa panik ketika terjadi kebakaran di hotel.

Saat itu, dirinya sedang menghadiri acara ulang tahun yang berada di lantai 5. Tiba-tiba, ia mendapatkan telepon agar turun melalui pintu darurat.

Baca Juga: Hotel Tentrem Siap Terima Obama

“Jadi tadi kebetulan di lantai 5 itu ada acara ulang tahun. Kebetulan ada telepon, dari mana saya enggak tahu. Pokoknya suruh turun untuk evakuasi, karena ada kebakaran di lantai 11 lewat lift enggak bisa dan sementara harus lewat lantai darurat, “ ucapnya.

Ketika mendapatkan informasi itu, dirinya langsung panik dan langsung segera turun untuk menyelamatkan nyawa dinilai lebih penting.

“Pasti panik, ada informasi kebakaran, enggak ada yang santai. Tahu kebakaran pasti turun, menyelamatkan nyawa toh itu jauh lebih penting, “ ujarnya.

Baca Juga: Korsleting, Ruang Panel Listrik Rusunawa Kaligawe Kebakaran

Subiyanto menambahkan, bahwa acara yang ada lantai lima itu tidak kepulan asap. Namun berdasarkan informasi yang diperolehnya, asap pekat berada di lantai 11.

“Lantai 5 enggak ada asap, yang pekat lantai 11. Enggak ada (alarm), pemberitahuan aja,“ pungkasnya.



Pantauan di lokasi, sekitar pukul 20.00 WIB terlihat para pengunjung hotel di evakuasi di depan halaman hotel. Tak selang lama, pihak Polsek dari Semarang Tengah dan tim Inafis Polrestabes Semarang datang ke lokasi kejadian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya