SOLOPOS.COM - Sejumlah hotel berpartisipasi dalam Hotel Expo di Solo Paragon Mall pada Rabu - Minggu (10-14/3/2021). (Farida Trisnaningtyas/Solopos)

Solopos.com, SOLO—Sejumlah hotel berpartisipasi dalam Hotel Expo di Solo Paragon Mall pada Rabu - Minggu (10-14/3/2021). Pameran yang berlangsung selama lima hari ini sebagai salah satu upaya mendongkrak bisnis perhotelan yang terdampak pandemi Covid-19.

Chief Marcom Solo Paragon Mall, Veronica Lahji, mengatakan sebanyak 14 hotel di Soloraya yang ikut dalam Hotel Expo kali ini. Menurutnya, pameran dimeriahkan dengan beragam acara yang diisi oleh peserta dengan mengunggulkan produk-produk mereka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Selama pameran ada fashion show, cooking class, hingga simulasi pesta ulang tahun di hotel.Tentunya rangkaian acara ini kami lakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujar dia, kepada wartawan, Sabtu (13/3/2021).

Baca Juga:  Buaya Muara Ditangkap Di Piyungan Setelah Sempat Bikin Resah Warga

Veronica menambahkan Hotel Expo ini sekaligus untuk menggeliatkan bisnis pusat perbelanjaan modern yang turut terdampak Covid-19. Menurutnya, dengan adanya pameran perhotelan ini masyarakat juga semakin yakin dan tak perlu khawatir jika hendak menggelar berbagai acara di hotel.

Berbagai Promo

Di sisi lain, ini juga sebagai salah upaya kerja sama antara bisnis perhotelan dengan pusat perbelanjaan modern. Di satu sisi, event semacam ini turut mendongkrak trafik pengunjung di mal. Di sisi lain, perhotelan bisa mendapatkan revenue dari engagement dengan customer. “Selama pameran, hotel menawarkan berbagai promo mulai dari kamar, wedding, hingga MICE,” imbuh dia.

Sejumlah hotel yang ikut serta dalam pameran ini adalaha Ramada Suites Solo, Nava Hotel, Swiss Belhotel, Ayom Java Village, Solia Zigna, Harris Hotel and Convention Solo, Accor Hotels, Adhiwangsa Hotel and Convention, The Alana Hotel and Convention, Swiss Belinn Saripetojo, Zest Hotel, Lorin Solo Hotel, Solo Paragon Hotel, dan Best Western Premier.

Marcom Ayom Java Village, Adil Erdita, menambahkan pada pameran hotel kali ini hotel bergaya resor ini menampilkan wedding exposure. Hal ini karena pasar wedding di Ayom Java Village cukup ramai meskipun di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Perusahaan Di Jogja Ini Layani Custom Kendaraan Listrik, Harga Mulai Rp15 Juta Lho!

“Kami tawarkan paket komplet pernikahan. Mulai dari siraman, akad, hingga resepsi. Bagi customer yang deal untuk menggelar pernikahan di tempat kami, kami hadirkan vendor kelas satu di Solo. Mulai dari dekorasi sampai make up artist,” papar dia.

Adil menjelaskan promo yang ditawarkan antara lain ada free room untuk wedding party di Ayom Java Village. Selain itu, paket wedding ini juga bisa menyediakan tes antigen untuk para tamu.
“Pasar wedding di tempat kami sudah kembali menggeliat sejak tahun lalu. Alhamdulillah kondisi membaik sehingga setiap bulan rata-rata ada 4 wedding dan okupansi kamar bisa 70%,” jelas dia.

Badan Pusat Statistik (BPS) Solo mencatat Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel bintang di Kota Solo pada Januari 2021 tercatat sebesar 23,20%, mengalami penurunan sebesar 10,91 poin dibanding TPK Desember 2020 yang tercatat sebesar 34,11%. Sedangkan Rata-rata Lama Menginap (RLM) seluruh tamu hotel bintang pada Januari 2021 tercatat sebesar 1,31 malam, mengalami penurunan 0,03 poin dibanding bulan Desember 2020 yang tercatat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya