[ X ] CLOSE

Hotel di Mandalika Full Booked di Tanggal Event Superbike dan MotoGP

Harga hotel di sekitar Sirkuit Mandalika pun naik dua kali lipat untuk pemesanan di tanggal perhelatan Superbike dan MotoGP.
Hotel di Mandalika Full Booked di Tanggal Event Superbike dan MotoGP
SOLOPOS.COM - Foto udara lintasan lurus Pertamina Mandalika International Street Circuit saat matahari terbenam di KEK Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (14/10/2021). (Antara/Ahmad Subaidi)

Solopos.com, MANDALIKA — Hotel di kawasan Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) rata-rata sudah penuh dipesan alias full booked pada hari pelaksanaan balapan World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021 dan MotoGP pada Maret 2022 di Sirkuit Mandalika.

Ketua Asosiasi Mandalika Hotel Samsul Bahri menjelaskan pihaknya telah bekerja sama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku pengelola sirkuit untuk menyediakan akomodasi bagi pembalap hingga kru yang terlibat.

Jadi selain dipesan oleh calon penonton, hotel sekitar lokasi juga sudah penuh dengan pesanan “orang dalam”.

Baca juga: Dikit Lagi Jadi Gaes, Pembangunan Sirkuit Mandalika Sudah 97%

Banyaknya peminat membuat tarif kamar hotel mengalami kenaikan saat acara Superbike dan MotoGP. Samsul menilai hal itu wajar.

“Dalam satu tahun industri hotel dibagi jadi tiga musim yaitu low session, high session dan fix session. Dikarenakan ini adalah event tahunan dan sudah terjadwal, kami kategorikan ini sebagai fix session, tentu harganya juga ada kenaikan,” jelasnya, dilansir detik.com, Jumat (15/10/2021).

Lebih lanjut, Samsul yang memegang kendali JM Hotel juga mengaku ada kenaikan harga kamar hingga 50%. Dari sebelum Covid-19 mulai dari Rp450 ribuan, untuk penginapan saat acara Superbike jadi Rp750 ribuan.

“Berapa persen tergantung dari kebijakan masing-masing hotel, ada yang 50%. Untuk MotoGP kami akan ada maintenance yang cukup besar setelah WSBK, jadi kita harus berkoordinasi dengan owner kami untuk menyesuaikan kondisi properti hotel kami dengan harga untuk MotoGP,” urai dia.

Baca juga: Surga Wisata di Mandalika, Deretan Pantai Keren hingga Desa Nan Eksotis

Salah satu hotel yang penuh dipesan untuk dua event balapan itu adalah Hotel Puri Rinjani. Hotel itumenyediakan 30 kamar tinggal, tapi tinggal 5 kamar yang tersedia di tanggal saat acara tersebut. Hal itu tak mengherankan karena lokasi hotel strategis untuk ke Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika, yakni hanya sekitar 5 menit dan berada di depan pantai The Mandalika.

“Kalau untuk tanggal-tanggal Superbike dan MotoGP kita sudah full untuk kamar. Paling tersisa 2-3 kamar lagi untuk back up. Kalau WSBK 19-21 November, kemudian MotoGP kisaran 18-21 Maret [2022] itu sudah full,” kata Hotel Manager Puri Rinjani, Descha Vyana, di NTB, Kamis (14/10/2021).

Warga Lokal dan Asing

Dijelaskan Descha, kebanyakan pemesan lewat Online Travel Agent (OTA) untuk rombongan. Mereka warga lokal hingga asing yakni Eropa.

“Kemarin ada beberapa dari OTA dia langsung pesan banyak dan untuk jangka waktu kurang lebih seminggu termasuk tanggal itu (Superbike dan MotoGP), terus ada yang sudah reservasi di tanggal itu. Buat WSBK ada yang pesan satu nama sampai 15 kamar,” jelasnya.

Baca juga: Soal Mandalika, Mick Doohan: Saya Takut Bedakan Balapan atau Liburan

Dia mengakui harga hotel pun naik dua kali lipat untuk pemesanan di tanggal perhelatan Superbike dan MotoGP. Dari harga saat ini Rp400 ribuan/malam di Puri Rinjani, khusus di tanggal kedua acara tersebut harganya menjadi Rp800 ribu/malam.

“Kalau harga kita jualnya di harga high session. Kalau sekarang kita masih di kisaran Rp400 ribu, tapi untuk di tanggal-tanggal (acara) itu kita sampai Rp700 ribu-800 ribu. Kalau sekarang sebenarnya juga harga pandemi,” tuturnya.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago