SOLOPOS.COM - Street View Google Maps yang menunjukkan videotron di timur Bundaran Gladak, Jl. Jenderal Sudirman, Solo. (Google Maps)

Solopos.com, SOLO — Harga tanah di Kota Solo, Jawa Tengah, kini semakin menggila lantaran menyentuh angka Rp65 juta per meter persegi.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com yang dilakukan situs jual beli online Olx.co.id dan Rumah123.com, harga tanah di Kota Bengawan sebenarnya sangat bervariasi. Ada yang yang Rp3,5 juta/m2 dan ada pula yang Rp10 juta/m2.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Harga tanah Rp3,5 juta/m2 itu terletak di tengah kampung di Mojosongo, Jebres, Solo. Sementara itu, untuk tanah seharga Rp10 juta/m2 itu lokasinya berada di pinggir Jl Adisucipto, Solo.

Kemudian, di situs jual beli properti online, Rumah.com, salah satu tanah yang dijual di pusat kota Solo, tepatnya di Jl Slamet Riyadi, mencapai Rp65 juta per m2.

Tanah tersebut memiliki luas 2.751 meter persegi, sehingga total nilai dari tanah tersebut mencapai Rp178,8 miliar.

Baca juga: Daftar Lokasi, Imam, & Khatib Salat Iduladha 2022 di Solo, Catat Lur!

Namun, rata-rata harga tanah per meter di Kota Solo berkisar Rp6 jutaan dengan lokasi yang berada di Laweyan dan Jebres.

Tentunya harga tanah tersebut diprediksi akan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Hal ini disebabkan oleh beragam faktor, di antaranya permintaan properti, kawasan padat penduduk, lokasi tanah strategis, penguasaan tanah, hingga keberadaan benda di atas tanah.

Solo Kota Ternyaman

Harga properti termasuk tanah di Kota Solo, Jawa Tengah, setiap tahunnya cenderung meningkat. Wajar saja, Kota Solo kini menjelma sebagai salah satu pusat bisnis di Jawa Tengah. Bahkan, selama ini kota kelahiran Presiden Joko Widodo itu disebut sebagai kota ternyaman.

Sebutan itu berdasarkan hasil surver 26 kota di 19 provinsi yang dilakukan Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) Indonesia. Hasilnya, Solo menempati posisi pertama sebagai kota dengan nilai indeks layak huni sebesar 66,9%.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Ketua Kompartemen Livable City IAP, Elkana Catur mengatakan Solo terpilih menjadi kota yang memiliki nilai paling tinggi dan konsisten menjadi kota yang layak huni dan paling nyaman di Indonesia.

Baca Juga: Sukoharjo Tak Ada Bus Bumel, Tapi Punya 18 Bus Patas

Dengan predikat kota ternyaman di Indonesia, harga tanah di Kota Solo per meter beragam.

Nilai yang diperoleh Solo, sebesar 66,9% itu menjadi yang terbaik mengungguli nilai kota-kota besar lainnya, seperti Palembang 66,6%, Balikpapan 65,8% dan Denpasar 65,5%. Kemudian, ada Semarang 65,4%, Tangerang Selatan 65,4 %, dan Banjarmasin 65,1 persen.

Baca Juga: Jalan Pintas Hindari Macet Jembatan Jurug Solo Dibongkar, Cek Lur!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya