SOLOPOS.COM - Ilustrasi perairan Karimunjawa. (JIBI/Bisnis.com/dok)

Solopos.com, SEMARANG -- Setelah sempat ditutup akibat pandemi Covid-19, wisata di Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng), akhirnya akan kembali dibuka pada Jumat (16/10/2020).

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, membenarkan rencana itu. Meski demikian, ia meminta Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) untuk melakukan pengawasan ketat terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di destinasi wisata tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"SOP-nya diikuti juga dengan ketat. Kalau perlu semua menggunakan tes yang tidak hanya rapid tapi PCR," ujar Ganjar di kantornya, Rabu (14/10/2020).

Kronologi Kecelakaan Maut di Jatiyoso: Minibus Oleng Tabrak Gapura, 2 Warga Sukoharjo Meninggal

Selain itu, Ganjar juga meminta transportasi pengunjung didata. Ganjar juga meminta agar wisatawan memaklumi pembatasan ketat yang dilakukan dalam pembukaan wisata Karimunjawa.

“Saya sampaikan mohon maaf kalau kemudian, mungkin agak sedikit eksklusif dulu. Mungkin biayanya agak tinggi, mungkin. Tapi karena kemudian kita butuh sesuatu yang lebih ketat maka itu jauh lebih baik,” jelas Ganjar.

Gubernur Jateng itu mengaku mendapat masukan dan pertanyaan dari para pelaku pariwisata lantaran diterapkannya pembatasan pengunjung. Menurut dia, hal itu terpaksa dilakukan sebagai upaya agar kawasan wisata Karimunjawa tetap menjadi zona hijau seperti saat ini.

Berharap Pembangunan Meningkat Pesat, Gapensi Solo Dukung Gibran-Teguh Di Pilkada 2020

Ancaman Menjadi Zona Oren dan Merah

“Kalau kemudian nanti yang masuk tidak kita kasih barrier, tidak kita kasih syarat, SOP yang ketat, saya khawatir yang datang ini nanti bikin oren dan merah. Kan bahaya,” tegas dia.

Ganjar juga berharap dengan pengawasan ketat dari Disporapar, pembukaan destinasi wisata Karimunjawa nanti bisa menjadi percontohan bagi destinasi wisata lain yang ingin mulai beroperasi.

Cristiano Ronaldo Positif Covid-19, 4 Klub Inggris Ikut Terdampak, Kok Bisa?

Kawasan Taman Nasional Karimunjawa memang direncanakan dibuka kembali, termasuk dalam hal memerima kunjungan wisatawan. Pembukaan direncanakan mulai Jumat nanti.

Untuk tahap pertama, kuota pengunjung hanya 100 orang per pekan. Pengunjung yang diizinkan juga yang telah melakukan registrasi online melalui http://bit.ly/bookingTNKJ.

Karimunjawa merupakan wilayah kepulauan di utara Pulau Jawa. Kepulauan Karimunjawa secara administratif merupakan kecamatan dari daerah Kabupaten Jepara yang berjarak kurang lebih 45 mil arah barat laut dari Kota Jepara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya