SOLOPOS.COM - Perpustakaan Daerah Klaten. (Klatenkab.go.id)

Solopos.com, KLATEN – Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Klaten berencana membuka pelayanan perpustakaan daerah (Perpusda) hingga pukul 21.00 WIB. Perpanjangan waktu pelayanan Perpusda Klaten dilakukan untuk mengakomodasi para pelajar.

Kepala Dinas Arpusda Klaten, Syahruna, mengatakan, penerapan jam buka pelayanan perpustakaan hingga malam sudah diterapkan setahun terakhir. Perpusda Klaten dibuka mulai pukul 07.10 WIB hingga 19.00 WIB saban hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Asal-Usul Lokomotif Uap Kuno D1410: Buatan Jerman 1921

Selain mengakses bahan bacaan koleksi Perpusda Klaten, pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas wifi gratis di tempat tersebut.

“Kami buka sampai malam untuk mengakomodasi pelajar SMA yang pulang sampai sore. Dengan jam buka sampai malam itu mereka masih bisa mengakses perpustakaan selepas sekolah,” kata Syahruna saat ditemui di Setda Klaten, Senin (3/2/2020).

Ekspedisi Mudik 2024

Rencananya, jam pelayanan Perpusda Klaten itu bakal diperpanjang lagi. Dinas Arpus berencana membuka pelayanan hingga pukul 21.00 WIB.

Ilmu Titen & Kearifan Lokal Ala Ganjar Pranowo Prediksi Bencana Alam

“Biar aksesnya bisa lebih lama lagi. Di Perpusda pelajar bisa memanfaatkan tempat untuk mengerjakan tugas,” urai Syahruna.

Syahruna menjelaskan, saat ini petugas masih menyiapkan komputer untuk menambah fasilitas. Ada delapan unit komputer yang disiapkan dan bisa dimanfaatkan pengunjung.

“Kami siapkan tambahan fasilitasnya. Yang jelas buka sampai pukul 21.00 WIB kami rencanakan tahun ini,” tutur Syahruna.

Penting! Ini Cara Tepat Pakai Masker

Syahruna mengatakan, koleksi buku di Perpusda Klaten cukup lengkap dari bahan bacaan fiksi hingga nonfiksi. Saat ini ada sekitar 60.000 koleksi buku yang dipajang di rak.

“Kami ingin perpustakaan tidak hanya menjadi tempat untuk membaca buku melainkan pusat pelatihan,” sambung Syahruna.

Kabid Perpustakaan Dinas Arpus Klaten, Sudar Agustini, mengatakan sejak 2019 jam buka pelayanan Perpusda Klaten diberlakukan hingga pukul 19.00 WIB setiap Senin-Jumat. Sementara, jam buka pelayanan pada Sabtu hingga pukul 17.00 WIB. Sementara, pelayanan Perpusda libur atau tutup saban Minggu.

Tol Solo-Jogja Dibangun Mulai Agustus 2020, Klaten Kena 28 Km

Sudar Agustin membenarkan ada rencana Perpusda Klaten buka hingga pukul 21.00 WIB. Pasalnya, masih banyakn pengunjung yang berdatangan ketika jam buka pelayanan Perpusda Klaten habis.

“Ruangan sudah kami bikin lebih nyaman lagi. Ada ruang baca lesehan. Ada juga ruang khusus anak. Buku-buku sudah diperbanyak. Untuk kapan waktunya jam buka pelayanan diperpanjang hingga pukul 21.00 WIB masih kami koordinasikan,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya