SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, bersama Bupati Klaten, Sri Mulyani, meninjau pelayanan yang ada di Mal Pelayanan Publik (MPP) Klaten, Selasa (22/11/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATENMal Pelayanan Publik (MPP) di Klaten mulai dioperasikan. Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, berharap MPP bisa memberikan pelayanan mudah, murah, cepat, tuntas, dan transparan.

MPP berlokasi di Jl. Mayor Kusmanto, tepatnya di Desa Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah. Gedung MPP berdekatan dengan Gedung Dharma Wanita.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di samping MPP terdapat Taman Kuliner yang saat ini masih dalam tahap pembangunan. Softlaunching MPP digelar, Selasa (22/11/2022).

Hadir pada softlaunching tersebut Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Kegiatan turut dihadiri Bupati Klaten, Sri Mulyani; Wakil Bupati (Wabup) Klaten, Yoga Hardaya; Ketua DPRD Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo; serta pejabat lainnya.

Ganjar menjelaskan gedung MPP di Klaten menarik lantaran terintegrasi dengan bangunan yang ada di sekitarnya yakni Taman Kuliner.

Baca Juga: Soft Launching, MPP Klaten Segera Dioperasikan

“Sehingga orang datang ke sini mengurus perizinan tidak sepaneng. Tetapi bisa kuliner, di sini ada semacam tempat bermain dan ditambah pelayanan cukup bagus. Ini menjadi sangat penting bagi masyarakat,” kata Ganjar.

MPP dibangun untuk mempermudah pelayanan yang terintegrasi di satu lokasi. Tujuannya memberikan pelayanan terpadu satu pintu yang mudah, murah, dan cepat, serta lebih nyaman.

Ada 25 instansi pelayanan publik dengan 140 jenis pelayanan yang kini ada di MPP. Ganjar berharap keberadaan MPP ditambah dengan pelayanan yang mudah, murah, cepat, tuntas, dan transparan semakin menarik investor berdatangan.

“Di tengah kondisi kemarin yang serba sulit sulit, investasi masih masuk di Jateng. Apalagi ini nanti melayani dengan mudah, murah, cepat, tuntas, dan transparan, semuanya beres, investor datang,” jelas Ganjar.

Baca Juga: Diduga Jadi Lokasi Mesum-Prostitusi, Kawasan Taman Kuliner MPP Klaten Diawasi

Ganjar mendorong seluruh kabupaten/kota memiliki MPP agar pelayanan lebih cepat dan mengintegrasikan pelayanan di satu lokasi. MPP bisa menjadi tempat transparansi pelayanan.

Guna meningkatkan pelayanan dan memudahkan masyarakat, Ganjar meminta agar setiap instansi yang membuka pelayanan di MPP mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan gedung MPP itu dibangun sejak 2021 dan dilanjutkan pada 2022. MPP sengaja disatukan dengan Taman Kuliner yang direncanakan beroperasi pada 2023.

Dengan MPP yang berdekatan dengan Taman Kuliner, Mulyani berharap pelaku usaha semakin nyaman di samping kemudahan akses pelayanan perizinan.

Baca Juga: Satpol PP Klaten Segel Pintu Masuk Taman Kuliner Klaten, Ada Apa?

Mulyani berharap keberadaan MPP ini meningkatkan pelayanan prima di seluruh instansi penyelenggara pelayanan publik di Klaten. Keberadaan MPP itu sejalan dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokorasi No. 23 tahun 2017.

“Ada 25 instansi dengan 140 jenis pelayanan terintegrasi di gedung MPP. Sehingga masyarakat hanya perlu datnag ke satu tempat mengurus perizinan. Saya minta ke DPMPTSP [Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu] untuk meningkatkan kapasitas SDM dan bisa memberikan pelayanan prima di Klaten dan membuat segala terobosan,” kata dia.

Kepala DPMPTSP Klaten, Agus Suprapto, mengatakan jumlah instansi serta jenis pelayanan yang terintegrasi di MPP bakal terus bertambah. Soal pelayanan, Agus menjelaskan pelayanan dibuka saban hari kerja Senin-Jumat. Pada Senin-Kamis pelayanan dibuka pukul 08.00 WIB-15.00 WIB dan Jumat pukul 08.00 WIB-11.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya