top ear
Lion Air di Bandara Adi Soemarmo Solo, Juli 2020. (Istimewa/AP I Bandara Adi Soemarmo Solo)
  • SOLOPOS.COM
    Lion Air di Bandara Adi Soemarmo Solo, Juli 2020. (Istimewa/AP I Bandara Adi Soemarmo Solo)

Hore! Lion Air Kembali Terbangi Solo, Cek Rute yang Dilayani

Maskapai yang kembali beroperasi di Bandara Adi Soemarmo Solo di Boyolali bertambah dengan terbangnya Lion Air.
Diterbitkan Rabu, 22/07/2020 - 09:02 WIB
oleh Solopos.com/Farida Trisnaningtyas
2 menit baca

Solopos.com, BOYOLALI -- Maskapai yang kembali beroperasi di Bandara Adi Soemarmo Solo di Boyolali bertambah dengan terbangnya Lion Air mulai pekan ini atau pekan ketiga Juli 2020.

Rute yang dilayani maskapai berbiaya murah tersebut adalah Solo-Cengkareng atau Bandara Soekarno-Hatta (CGK).

Kembali beroperasinya Lion Air melayani penumpang di bandara ini diyakini akan terus menambah jumlah penumpang. Selama ini, jumlah penumpang di bandara berkode SOC itu anjlok karena wabah Covid-19.

Klaster Nakes dan Tahu Kupat Solo Dominasi Kasus Positif Covid-19 Karanganyar

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Yani Ajat Hermawan, mengatakan Lion Air mulai beroperasi kembali dengan rute Cengkareng-Solo-Cengkareng.

“Lion sudah mulai melayani penerbangan rute ke Solo sejak sepekan ini. Rutenya adalah Cengkareng–Solo dan Remain Over Night [RON] dulu di Bandara Adi Soemarmo paginya kembali melakukan penerbangan untuk rute Solo–Cengkareng ,” katanya kepada wartawan, Selasa (21/7/2020).

Yani menjelaskan Lion Air dengan nomor penerbangan JT 536/JT 537 itu mendarat di Bandara Solo pada pukul 15.40 WIB. Setelah itu, maskapai ini berangkat dari Bandara Adi Soemarmo rute Solo–Cengkareng pada pukul 08.40 WIB keesokan harinya.

Paspampres Pengawal Gibran Ditambah Seusai Amankan Rekomendasi Cawali Solo?

Ada Lima Maskapai Terbang dari Bandara Solo

Dengan demikian, kini total lima maskapai yang beroperasi di Bandara Adi Soemarmo Solo. Sebelumnya ada Garuda Indonesia melayani penerbangan rute Cengkareng-Solo-Cengkareng dan Batik Air melayani penerbangan rute Cengkareng-Solo-Cengkareng.

Selain itu, Nam Air melayani penerbangan rute Pontianak–Solo-Pontianak, dan Citilink melayani penerbangan rute Halim Perdanakusuma–Solo–Halim Perdanakusuma. Sementara jumlah penumpang adalah sekitar 50 sampai 100 Orang per penerbangan.

Sukabumi Diguncang Gempa Berpusat di Darat

Sebelumnya, Bandara Solo mencatat ada penurunan jumlah penumpang 98,79% pada 24 April-7 Juni 2020 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara pergerakan pesawat turun 95,94%. Load factor penumpang sekitar 40 orang per hari, sementara penerbangan rata-rata empat per hari.

Kondisi ini membaik  pada Juni-Juli 2020. Pihaknya mencatat pada Juni 2020 jumlah penumpang melalui Bandara Solo, belum termasuk Lion Air, sebanyak 5.895 orang. Jumlah itu melejit 1.084% dari bulan sebelumnya yang hanya 498 pax pada Mei 2020.


Editor : Profile Tika Sekar Arum
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com



berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini