SOLOPOS.COM - Pemain Persis Solo merayakan gol. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, JAKARTA – PT Liga Indonesia Baru (LIB) bersama PSSI melakukan uji coba kehadiran penonton pada babak perempatfinal Liga 2 2021 yang dimulai pada Rabu (15/12/2021). Keputusan menghadirkan penonton itu setelah PT. LIB dan PSSI telah berkoordinasi dengan pemerintah serta seluruh pihak terkait wacana itu.

LIB mengusung tagar #KembaliKeStadion yang dilatarbelakangi Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No. 57/2021 Tanggal 1 November 2021. Dari 19 instruksi yang diberikan oleh Menteri Dalam Negeri, salah satunya mengatur perihal uji coba kehadiran penonton Liga 1 2021/2022 di stadion. Uji coba kehadiran penonton #KembaliKeStadion akan dibuka terlebih dahulu di babak perempatfinal Liga 2 2021.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Baca Juga: Sah! Bek PSG Pati Bergabung ke Persis Solo

“Uji coba perdana kita adalah pada pertandingan Grup X antara Sriwijaya FC melawan Persiba Balikpapan dan RANS Cilegon FC melawan Persis Solo di Stadion Pakansari pada 15 Desember. Sehari kemudian di Grup Y antara PSMS Medan melawan Sulut United dan Martapura Dewa United melawan PSIM Jogja di Stadion Wibawa Mukti,” ujar Direktur Utama LIB, Akhmad Hadian Lukita dilansir situs resmi LIB, Selasa (14/12/2021).

“Kami informasikan ke masyarakat bahwa dalam uji coba penonton ini tidak ada pembelian tiket alias tidak dijual. Untuk sementara status pemegang tiket adalah undangan,” lanjutnya.

Dalam pelaksanaan #KembaliKeStadion terdapat kuota 100 orang suporter per klub kemudian ada kuota pejabat pusat dan daerah sebanyak 100 orang per pertandingan. LIB juga memberi kuota untuk sponsor dan partner klub sebanyak 20 orang per sponsor.

“Suporter yang hadir harus mendapatkan undangan dari klub dengan syarat harus sudah vaksin dua kali, mempunyai aplikasi PeduliLindungi, melakukan swab antigen pada H-1, hadir 90 menit sebelum kick off, dan tiket tidak dapat dipindahtangankan,” kata dia.

Protokol Kesehatan

Sementara itu, Direktur Operasional PT. LIB, Sudjarno, menjelaskan LIB sebagai operator kompetisi juga akan mempersiapkan stadion untuk mendukung kehadiran penonton sesuai dengan protokol kesehatan. LIB mengatur kursi atau tempat duduk single seat berjarak disertai nomor kursi dan kategori tiket, melakukan penyemprotan disinfektan di tribune penonton sebelum dan sesudah pertandingan, menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer, dan alat pengukur suhu tubuh.

Baca Juga: Gelandang Baru Persis Solo Ternyata Jebolan Timnas Indonesia

“Pembelian tiket wajib menggunakan KTP yang bersangkutan dan swab antigen hanya boleh dilakukan di tempat yang telah ditentukan atau di stadion mulai dari H-1,” imbuh Sudjarno.

Dukungan #KembaliKeStadion juga hadir dari pihak Kepolisian dan Kementerian Kesehatan. Polri siap memberikan dukungan pengamanan di luar kawasan stadion dan akses masuk stadion untuk mengantisipasi penonton yang tidak diundang. Ia menambahkan Kemenkes turut mendampingi pertandingan untuk evaluasi pelaksanaan prokes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya