Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Hore...Jalur KA Sawahlunto-Muaro Kalaban Akan Aktif Lagi

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) mulai memperbaiki sarana dan prasarana jalur kereta api (KA) Sawahlunto-Muaro Kalaban di Sumatera Barat, Jumat (1/7/2022).
SHARE
Hore...Jalur KA Sawahlunto-Muaro Kalaban Akan Aktif Lagi
SOLOPOS.COM - Ilustrasi penumpang kereta api. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) mulai memperbaiki sarana dan prasarana jalur kereta api (KA) Sawahlunto-Muaro Kalaban di Sumatra Barat, Jumat (1/7/2022). Jalur tersebut ditargetkan bisa Kembali beroperasi pada Januari 2023 nanti.

Kick-off perbaikan sarana dan prasarana jalur KA Sawahlunto–Muaro Kalaban dilakukan oleh PT KAI (Persero), PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Dalam enam bulan ke depan, perbaikan jalur sepanjang 4 kilometer dan perbaikan lokomotif uap E1060, atau yang biasa disebut dengan Mak Itam, akan dilakukan.

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, mengatakan kick-off proyek tersebut diharapkan menjadi awal dari peningkatan potensi pariwisata Sumatera Barat dengan adanya jalur Sawahlunto–Muaro Kalaban.

“Perbaikan dilakukan dengan sebaik mungkin, penuh ketelitian, dan tetap mengutamakan keselamatan,” kata Didiek dikutip dari siaran pers, Jumat (1/7/2022).

Baca Juga: Gagahnya Kereta Api Kuda Putih, Pendahulu Prameks dan KRL

Didiek menilai momen kick-off tersebut istimewa dan bersejarah dengan adanya kolaborasi empat BUMN. Semua berupaya untuk memperbaiki dan mengoperasikan kembali jalur KA bersejarah itu. Perbaikan prasarana yang telah dimulai berupa perbaikan jalan rel, dua buah jembatan, terowongan, persinyalan, bangunan stasiun, dan depo.

Rel yang akan dilintasi KA rute Sawahlunto–Muara Kalaban perlu diganti rel dan bantalannya. Serta perlu ditambahkan balas agar KA dapat melintas dengan aman. Pengecatan dan penyanggaan rel juga dilakukan agar lebih kokoh dan laik untuk dilewati kereta api.

KAI juga melakukan grouting atau penguatan dinding terowongan. Di samping itu, okomotif uap E1060 atau Mak Itam, akan diperbaiki sehingga tekanan uap lokomotif tersebut berada pada 8-11 atm.

Baca Juga: Ini Kereta Api Presiden Jokowi dari Polandia ke Ukraina

Perbaikan Mak Itam guna mengoptimalkan fungsi pengereman sesuai dengan standar keselamatan operasional lokomotif uap. Dengan tekanan uap yang cukup, Mak Itam dapat menarik dua sampai tiga kereta pada kelandaian 17 per mil di lintas Sawahlunto–Muaro Kalaban.

Proyek perbaikan jalur KA ini merupakan sinergi antara empat BUMN yakni KAI, Bio Farma, Pupuk Indonesia, dan SIG, serta didukung oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah Sumatera Barat. Sebelumnya, empat perusahaan pelat merah itu telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama yang dilakukan di Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Pengoperasian kembali jalur Sawahlunto–Muara Kalaban bertujuan untuk mendorong perekonomian di Sumatera Barat melalui wisata perkeretaapian. Khususnya di kawasan yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia Baru UNESCO yakni Situs Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.

Baca Juga: Uji Coba KRL dari Stasiun Palur-Solo Balapan sampai Minggu, Tapi

Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto, Ambun Kadri, menyebut sudah hampir tiga tahun Kota Sawahlunto menjadi kota warisan dunia. “Dengan demikian kami sudah lega, sudah nampak jalan bahwa ini sudah pasti dilaksanakan. Kemudian juga bagaimana komitmen bersama untuk kita laksanakan kereta api ini bisa jaya kembali di Kota Sawahlunto,” kata dia.

Deputi Bidang SDM & TI Kementerian BUMN, Tedi Bharata, mengatakan berbagai harapan dan aspirasi masyarakat Sumatera Barat sudah ditangkap oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

”Kolaborasi antar BUMN, Pemda Setempat, TNI, Polri dan para stakeholder lainnya sangat penting untuk kesuksesan program ini. Kami dari Kementerian BUMN berharap agar semua pihak dapat saling berkolaborasi sehingga program ini dapat segera memberi manfaat nyata bagi masyarakat Sumatera Barat, khususnya Kota Sawahlunto” jelas Tedi.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade, mengatakan pembangunan Sumatera Barat perlu dilakukan secara bersama-sama dan dengan berkolaborasi. Pemerintah daerah diharapkan bisa memanfaatkan berbagai potensi yang ada di Sumatera Barat ini.

Ketiga BUMN yang ikut serta dalam proyek perbaikan jalur KA di Sumatera Barar itu turut menegaskan komitmen masing-masing perusahaan.

Baca Juga: Kendaraan Listrik Wisata Solo Dan Sepur Kelinci Boleh Jalan, Tapi

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, menegaskan komitmen Bio Farma untuk mendukung program perbaikan sarana dan prasarana Jalur KA Sawahlunto–Muaro Kalaban. Sebab menurutnya jalur tersebut memiliki potensi peningkatan ekonomi bagi warga sekitar melalui pariwisata alam.

“Dengan aktifnya kembali Jalur KA Sawahlunto–Muaro Kalaban, melalui kolaborasi empat BUMN, kami berharap masyarakat yang berada di jalur tersebut bisa merasakan kehadiran BUMN, yang turut membantu memajukan perekonomian mereka pasca Pandemi Covid-19,” kata Honesti.

Wakil Direktur Utama Pupuk Indonesia, Nugroho Christijanto, turut menyatakan dukungannya kepada pengoperasian kembali kereta api lintas Sawahlunto-Muoro Kalaban, Sumatera Barat. Dia berharap jalur tersebut dapat menjadi sarana edukasi, wisata, dan pembangkit perekonomian masyarakat setempat pascapandemi.

Sementara Direktur Operasi SIG, Yosviandri, juga menyatakan dukungannya terhasap pengoperasian kembali Kereta Api Jalur Sawahlunto – Muaro Kalaban.  ”PT Semen Padang bagian dari sejarah yang menggunakan jalur kereta api Sawahlunto untuk mengangkut batu bara sebagai bahan bakar pabrik semen,” kata dia.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Jalur KA Sawahlunto–Muaro Kalaban di Sumbar Segera Beroperasi Lagi Januari 2023



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode