SOLOPOS.COM - Ilustrasi Bus Rapid Trans (BRT) Semarang (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Layanan Umum (BLU) UPTD Trans Semarang berencana memperpanjang operasional Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang hingga malam hari, tepatnya pukul 23.00 WIB. Layanan BRT Trans Semarang yang dioperasikan hingga malam hari itu adalah BRT di Koridor I, yang semula beroperasi mulai pukul 05.30 WIB hingga 17.50 WIB.

Kepala BLU UPTD Trans Semarang, Hendrix Setiawan, mengatakan jam layanan operasional pada Koridor I akan diperpanjang dari pukul 18.00 WIB hingga 23.00 WIB, atau layanan malam. Sedangkan rutenya dari Terminal Mangkang-Simpang Lima PP dengan menggunakan empat unit kendaraan.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

“Kita sudah bertemu dengan kepala Terminal Mangkang. Mereka meminta kami menambah jam operasional untuk mendukung terminal dan mengakomodasi penumpang,” kata Hendrix dikutip dari laman Internet Pemkot Semarang, Senin (14/3/2022).

Baca juga: Naik BRT Trans Semarang, Difabel Cukup Bayar Rp1.000

Untuk menunjang layanan malam, pihaknya telah menyiapkan segala sarana dan prasarana, misalnya saja untuk kendaraan yang akan dipakai untuk layanan malam adalah bus medium atau yang lebih kecil. Berbeda dengan layanan siang yang menggunakan bus besar.

Terkait dengan anggaran yang digunakan adalah anggaran swakelola seperti yang digunakan pada koridor bandara malam. “Sementara ini koridor bandara malam masih belum beroperasional karena operasional bandara hanya sampai pukul 18.00 WIB,” tambahnya.

Saat ini, lanjut Hendrix, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Kepala Terminal Tipe A Mangkang untuk merealisasikan operasional layanan malam tersebut. Namun, dari segi sarana, prasarana hingga infrastruktur sudah dipersiapkan dengan baik.

“Nanti akan kita koordinasikan lagi operasionalnya, mungkin dalam waktu dekat,” ucapnya.

Baca juga: Koridor VIII BRT Trans Semarang Launching November

Sementara itu, Kepala Terminal Tipe A Mangkang, Reno A. Pribadi, menambahkan jika rute malam ini sengaja diusulkan olehnya untuk bisa mengakomodasi masyarakat dari dan ke Terminal Mangkang menuju pusat kota Semarang.

“Banyak penumpang bus luar kota yang turun di terminal mengeluh kalau setelah jam 19.00 malam tidak ada angkutan umum, untuk itu kita berkordinasi dengan Trans Semarang agar menambah armada malam,” jelas Reno.

Reno menyebut saat ini Terminal Mangkang sudah mulai ramai semenjak ada aturan yang mewajibkan bus untuk masuk ke dalam terminal dan tidak diperkenankan mengambil penumpang di agen bus. Tak hanya itu, saat ini juga sudah mulai banyak agen bus yang dulunya ada di Jalan Siliwangi saat ini masuk ke dalam Terminal Mangkang.

“Sambil jalan nanti kita lihat kurangnya apa dan akan dicarikan solusi, nah kalau nanti efektif bukan tidak mungkin kita minta adanya penambahan rute lain,” bebernya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya