SOLOPOS.COM - Penampakan Bendung Kedung Kancil di perbatasan Desa Sunggingan dan Desa Brojol, Miri, Sragen, Selasa (15/6/2021). (Istimewa/Suryadi)

Solopos.com, SRAGEN -- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sragen mulai merenovasi Bendung Kedung Kancil yang berlokasi di perbatasan Desa Sunggingan dan Desa Brojol, Miri, Sragen, pada tahun ini.

Anggaran senilai Rp2,5 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) disiapkan untuk merenovasi Kedung Kancil. Proses lelang proyek pekerjaan fisik ini sudah digelar. CV Karya Sakti dari Sragen Kulon berhasil mengeliminasi 105 perusahaan konstruksi lain untuk memenangi lelang setelah memberi penawaran Rp1,75 miliar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Kabupaten Gunung Kidul Punya 2 SMKN Terbaik Tingkat DIY

“Dana sebesar itu akan dipakai untuk pembenahan atau rehab jaringan irigasi. Semula saluran irigasi dengan konstruksi tanah akan dipasangi talut dengan konstruksi batu,” jelas Kepala DPUPR Sragen, Marija, kepada Solopos.com, Selasa (15/6/2021).

Marija mengakui Bendung Kedung Kancil sudah lama tidak tersentuh renovasi. Dia tidak memungkiri volume Kedung Kancil berkurang seiring makin tingginya endapan lumpur atau sedimen. “Normalisasi saluran perlu dilakukan karena sudah sekian lama dipenuhi endapan lumpur. Nanti akan dikeruk agar elevasi dasar saluran bisa normal kembali,” jelas Marija.

Suryadi, 50, warga setempat mengatakan kondisi Bendung Kedung Kancil Sragen saat ini dipenuhi oleh sedimen. Tumpukan sedimen itu bahkan memanjang hingga sekitar 1 km. Tidak hanya dipenuhi sedimen, Kedung Kancil yang dibangun pada 1971 juga dipenuhi tanaman rerumputan yang tumbuh liar.

“Kalau sedimen mau dikeruk, lebih baik tidak tanggung. Pengerukan sebaiknya tidak hanya dilakukan di sekitar kedung, tetapi juga sepanjang aliran air hingga 1 km,” ucapnya.

Baca Juga: Layanan Vaksinasi Keliling Solo Buka Per Hari Ini, Catat Lokasinya

Bagi pecinta gowes, Bendung Kedung Kancil merupakan tempat favorit untuk beristirahat sejenak. Suara gemericik air yang jatuh dari ketinggian serta panorama alam di sekitar bendung menjadi daya tarik warga.

Tidak heran bila warga kerap menjadikan Bendung Kedung Kancil sebagai lokasi untuk berswafoto. Bila renovasi selesai dilakukan, tidak menutup kemungkinan Bendung Kedung Kancil bakal menjadi spot menarik untuk selfie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya