SOLOPOS.COM - Pesepak bola Timor-Leste Olagar Fernando Xzvier (kedua kiri) berusaha menghentikan laju bola yang digiring pesepak bola Hong Kong Sohgo Ichikawa saat pertandingan Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (18/9/2022). (ANTARA FOTO/Moch Asim/nz)

Solopos.com, SURABAYA—Timor Leste sukses mengalahkan Hong Kong 2-1 pada laga ketiga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022). Pelatih Timor Leste Gopal Krishnan pun sangat girang meski tidak lolos ke putaran final di Uzbekistan.

Sempat memimpin melalui gol Sohgo Ichikawa pada menit ke-10, Hong Kong gagal menjaga keunggulan dan harus menelan kekalahan ketiga dalam tiga pertandingan setelah gawang mereka dibobol oleh Juvito Moniz pada menit ke-52 dan Ejivanio da Costa delapan menit berselang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hong Kong yang melewatkan fase kualifikasi tanpa satu poin pun menjadi juru kunci Grup F, sedangkan Timor Leste finis satu strip di atasnya dengan raihan poin 3.

Baca Juga: Indonesia vs Vietnam: Selangkah Menuju Uzbekistan

Ekspedisi Mudik 2024

“Meski gagal lolos ke putaran selanjutnya, tapi saya sangat senang dengan kemenangan ini,” ujar pelatih Timor Leste Gopal Krishnan kepada wartawan seusai pertandingan, seperti dilansir dari Antara.

Timor Leste sudah membuka peluang lewat Da Costa saat laga belum genap berusia dua menit, tapi tendangan volinya masih tinggi di atas mistar gawang yang sudah melompong.

Delapan menit berselang, serangan Hong Kong membuahkan hasil saat Ichikawa yang berdiri bebas mencocor bola di dalam mulut gawang memanfaatkan bola muntah tendangan Matthew Slattery.

Baca Juga: Indonesia vs Vietnam, Shin Tae-yong Percaya Diri

Tertinggal satu gol, serangan demi serangan Timor Leste ke pertahanan Hong Kong terus dilakukan. Namun, kurang tenangnya barisan depan Timor Leste dan disiplinnya lini belakang Hong Kong membuat skor tidak berubah hingga turun minum.

Setelah jeda, Timor Leste tak mengendorkan serangan. Gol penyama kedudukan akhirnya terjadi tujuh menit usai turun minum oleh Moniz, yang memenangi duel udara untuk menanduk bola sepak pojok ke dalam gawang Hong Kong.

Berselang delapan menit kemudian, kembali serangan Timor Leste membuahkan hasil. Kali ini giliran Da Costa yang sukses menceploskan bola melalui tendangan kaki kanannya dari dalam kotak penalti.

Baca Juga: Hajar Timor Leste 4-0, Vietnam: Sekarang Fokus Kami Melawan Indonesia

Tertinggal satu gol, Hong Kong mencoba keluar dari tekanan dan melakukan sejumlah rotasi. Tapi, serangan-serangannya selalu gagal. Begitu juga upaya Timor Leste yang ingin memperbesar kedudukan, selalu mental di barisan pertahanan lawan.

Hingga wasit Jansen Foo asal Singapura meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir, skor 2-1 untuk kemenangan Timor Leste tidak berubah.

Pelatih Hong Kong Cheung Kin Fung usai pertadingan mengakui para pemain sudah tampil maksimal di paruh awal pertandingan, tapi tempo permainan diambil alih oleh Timor Leste pada babak kedua.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Asia U-20: Shin Tae-yong Optimistis Lawan Hong Kong & Vietnam

“Karena itu kami sulit mengembangkan permainan dan menyamakan kedudukan,” tutur dia.

Apa pun hasilnya pada pertandingan tersebut tak membuat kedua tim lolos ke babak berikutnya. Peluang ke putaran final Piala Asia U-20 yang digelar di Uzbekistan tahun 2023 hanya dimiliki Indonesia dan Vietnam.

Pemenangnya otomatis akan lolos, sedangkan yang kalah harus menunggu perhitungan lima peringkat kedua terbaik dari 10 grup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya