SOLOPOS.COM - Saiman, 57, warga Tangkil, Sragen Kota, saat menarik becak melintasi gang kecil di depan Klinik Kesehatan Aisyiyah Sragen, Jumat (4/9/2020). (Solopos/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN -- Keberuntungan tampaknya sering berpihak kepada Saiman, 57, seorang tukang becak di Sragen. Akhir Agustus 2020 lalu, Saiman dikejutkan lantaran tiba-tiba mendapat bantuan modal UMKM Rp2,4 juta dari pemerintah.

Padahal, dia merasa tidak pernah mengajukan bantuan produktif bagi UMKM tersebut. Sebelum keberuntungan kali ini, tukang becak asal Sragen itu pernah juga mendapat durian runtuh. Tahun 2016 silam, Saiman tanpa diduga mendapat hadiah berangkat ibadah umrah gratis.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tak tanggung-tanggung, hadiah umrah gratis tersebut diberikan Bupati Sragen saat itu, Agus Fathur Rahman. Waktu itu Saiman tiba-tiba dipanggil Bupati Agus.

Misterius, Tukang Becak di Sragen Dapat Bantuan Rp2,4 Juta, Padahal Tidak Mengajukan

Dia mengaku tidak mengira bila kedatangannya ke rumah dinas Bupati Sragen tersebut ternyata untuk menerima tiket umrah gratis ke Mekkah. Saiman berangkat umrah dengan teman sesama tukang becak Sragen, Ngarino.

Seluruh biaya perjalanan umrah ditanggung Bupati Sragen saat itu. Jika sebelum mendapat bantuan UMKM Rp2,4 juta Saiman sering kedhuten, menjelang mendapat hadiah umrah gratis dia mendapat mimpi aneh.

“Sebelum dapat umrah gratis itu, mimpi saya dengan Pak Ngarino itu sama, yakni bermimpi dikelilingi ikan bader yang banyak sekali. Awalnya, kami dipanggil Bupati itu biasanya dapat sembako, ternyata malah dapat tiket umrah gratis dan diberi uang saku senilai 250 real. Baru kali itu saya naik pesawat,” kisah Saiman saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (4/9/2020).

Ra Mekakat, Tek Eram, Gene: Kata Khas Wonogiri yang Bikin Kangen Mudik

Percaya Rezeki dari Allah

Dua pengalaman keberuntungan tersebut membuat tukang becak asal Sragen itu yakin atas rezeki dari Allah. Dia percaya rezeki dari Allah itu memang tidak disangka-sangka.

Rezeki bisa datang dari mana saja. Dari seorang Bupati atau dari pemerintah lewat bantuan UMKM Rp2,4 juta yang baru saja dia terima.

Perjalanan Kasus Penipuan Eks Dirut TransJakarta Donny Saragih

Hingga berita ini diturunkan, Saiman masih bertanya-tanya siapa yang mengajukan bantuan itu untuknya. Di tengah pandemi, kondisi ekonomi pria yang menjadi tukang becak sejak 1994 itu memang memprihatinkan. Terang saja bantuan Rp2,4 juta itu sangat bermanfaat baginya.

“Mencari uang saat pandemi Covid-19 ini memang susah betul. Sehari rata-rata dapat Rp20.000 tetapi juga ngeblong tak punya pendapatan. Belakangan tiga hari terakhir tidak ada pemasukan. Kalau mengandalkan tukang becak tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup rumah tangga. Alhamdulillah ada istri yang bisa membantu mencari nafkah,” ujar Saiman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya