SOLOPOS.COM - Ilustrasi skinny jeans. (Freepik)

Solopos.com, SOLO–Ada beragam model celana salah satunya adalah skinny jeans yang telah menjadi tren sejak lama hingga hari ini. Seiring berjalannya waktu, jeans ketat juga bermetamorfosis menjadi legging dan jegging.

Meski terlihat modis, namun ada beberapa dampak kesehatan yang ditimbulkan jika kita sering memakai skinny jeans. Tidak hanya mengancam wanita, namun dampak negatif ini juga bisa menimpa pada pria.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mengutip graziaindia dan Bisnis.com, Jumat ( 20/8/2021) inilah bahaya yang mengancam kesehatan dari skinny jeans :

1. Vulvodynia

Sebuah jurnal penelitian penyakit saluran genital menemukan bahwa celana jeans ketat atau celana skinny menyebabkan Vulvodynia. Vulvodynia adalah suatu kondisi yang menyebabkan ketidaknyamanan dan nyeri berdenyut kronis di daerah vulva. Jins ketat juga terkait dengan iritasi vagina, infeksi jamur, dan vaginosis bakteri. Masalah ini terjadi karena jeans membatasi aliran udara dan aliran darah di tubuh bagian bawah.

Baca Juga: Pakai Perhiasan Emas Bisa Picu Gangguan Kesehatan? Ini Penjelasannya

2. Kerusakan otot permanen

Skinny jeans menyebabkan kerusakan otot dan saraf. Studi kasus oleh Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry menemukan bahwa jongkok dengan skinny jeans dalam waktu lama menyebabkan kondisi yang disebut sindrom kompartemen. Itu terjadi ketika suplai darah terputus ke bagian tubuh tertentu. Sindrom ini ditandai dengan pembengkakan yang terjadi di sekitar saraf, otot dan pembuluh darah.

3. Sakit perut

Seperti halnya mengenakan ikat pinggang yang ketat menyebabkan rasa sakit di perut dan daerah panggul, celana ketat akan menekan perut dan pinggang. Akhinya celana tersebut membatasi aliran darah di kelenjar getah bening. Penggunaan terlalu lama juga mematikan bagi sendi pinggul dan tulang belakang dan memengaruhi postur.

4. Pembekuan darah

Mengenakan jeans ketat adalah alasan utama sirkulasi darah yang buruk di tubuh bagian bawah. Jika dibiarkan itu menyebabkan pembekuan darah. Saat mengenkana celana ketat, saraf mengalami tekanan konstan yang akhirnya menyebabkan rasa sakit di sekitar daerah selangkangan dan paha. Masalah ini sering ditandai dengan kesemutan, terbakar dan ketidaknyamanan di kaki.

Baca Juga: Jadi Sumber Bau Badan, Begini Tips Mencukur Bulu Ketiak

5. Infertilitas pada pria

Mengenakan skinny jeans juga merupakan ide yang buruk bagi pria. Celana tersebut mempengaruhi kesehatan reproduksi pria dan juga menyebabkan ISK bersama dengan masalah kesehatan lainnya. Torsi testis adalah kondisi umum pada pria yang memakai celana jins ketat terus menerus. Mengenakan jins ini untuk waktu yang lama juga menyebabkan kanker dan kerusakan pada bagian pribadi pada pria.

6. Masalah sendi dan sakit punggung

Menggunakan skinny jeans meningkatkan stres pada otot yang mempengaruhi punggung bawah pada pria dan wanita. Tak hanya itu, itu juga dapat menyebabkan masalah pada tulang belakang dan panggul pada pria dan wanita karena gerakan dan postur tubuh yang tidak normal saat mengenakan celana ketat. Masalah ini disebabkan oleh postur tubuh yang buruk sehingga menyebabkan pelampiasan saraf. Fenomena populer disebut sindrom skinny jean.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya